5 Tips Jitu Merawat Aglaonema Merah agar tidak Jadi Hijau

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 August 2021 15:55
Aglaonema suksom. (Dok: Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aglaonema masih menjadi favorit para pencinta tanaman hias di tengah pandemi Covid-19. Salah satu jenis aglaonema yang populer diburu adalah aglaonema merah atau super red.

Aglaonema merah memiliki warna daun yang cantik, yaitu merah merekah. Kendati demikian, untuk merawat tanaman ini, perlu cara khusus agar aglaonema merah tidak pudar atau berwarna hijau.

Simak 5 tips perawatan jenis tanaman hias tersebut seperti dihimpun CNBC Indonesia:

a. Perhatikan pemupukan
Pemupukan sangatlah penting untuk merawat aglaonema merah. Tujuannya untuk memberikan nutrisi atau zat hara tambahan pada media tanah untuk tumbuh dan berkembang.

Pemupukan juga berfungsi agar warna tetap cantik dan tidak pudar. Lakukan hal ini sekali dalam dua minggu dengan rutin.

b. Penyiraman
Penyiraman adalah salah satu cara merawat aglaonema merah yang paling utama. Lakukan penyiraman tanaman secara rutin, yaitu setiap satu kali sehari. Usahakan jangan menggunakan air yang mengandung kaporit karena dapat menyebabkan tanaman kering dan memicu pudarnya warna daun.




c. Repotting
Untuk tanaman hias aglaonema, repotting harus dilakukan secara rutin. Sebab, repotting dapat menghindari kandungan hara dalam media yang sering berkurang setelah 6 hingga 12 bulan kemudian.

Namun, saat repotting, pastikan media telah diberikan secara merata sampai bola akar. Caranya mudah. Cukup taburkan media ke seluruh bagian terdalam. Rahasia lainnya dapat dilakukan dengan penanaman batang agak dalam untuk merangsang akar.

Tambahkan campuran susu
Daun aglaonema merah memiliki keunikan yaitu daunnya mengilap. Untuk menjaga ketahanan warna daun, Anda dapat memberikan bahan organik berupa campuran susu (tanpa gula karena dapat mengundang semut), ampas kelapa dan air.

Oleskan campuran tadi pada permukaan daun aglaonema secara rutin untuk menjaga kilauan dari permukaan daun aglonema. Lakukan cara ini setiap satu bulan sekali.

Semprotkan hormon tanaman
Untuk membuat warna tetap terjaga semprotkanlah hormon pertumbuhan pada tanaman aglonema merah. Jenis hormon pertumbuhan yang dapat diberikan contohnya seperti Gandasil D, Vitabloom, Hyponex dan Growmore.

Hormon pertumbuhan itu dapat diberikan setiap tiga bulan sekali. Jangan memberikan hormon pertumbuhan terlalu sering karena hormon pertumbuhan justru akan membuat tanaman menjadi layu jika terlalu banyak hormon pertumbuhan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

7 Cara Rawat Tanaman Hias Aglaonema Biar Subur & Dijual Mahal


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading