Tanaman Hias Aglaonema Masih Populer, Apa Saja Daya Tariknya?

Lifestyle - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 March 2021 07:30
Aglaonema red peacock. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Hobi memelihara tanaman hias masih menjadi pilihan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Salah satu jenis tanaman hias yang populer adalah aglaonema. Aglaonema yang dikenal juga sebagai sri rejeki ini kerap dianggap membawa keberuntungan bagi masyarakat di China dan Filipina.

Memiliki warna daun yang memikat, seperti kombinasi warna putih, hijau tua, merah muda, menjadikan tanaman hias ini cocok menghiasi taman atau ruang keluarga di rumah. Namun, jangan letakkan tanaman hias daun ini di bawah ventilasi AC atau di area berangin karena tidak mentolerir kondisi kering dengan baik. Apalagi, kondisi yang lebih dingin dapat menyebabkan kerusakan pada daun tanaman hias Aglaonema.

Nah, selain tampilannya indah, aglaonema punya manfaat lain yang sayang dilewatkan. Dilansir Epic Gardening, Aglaonema modestum telah dinobatkan oleh NASA pada daftar sepuluh teratas tanaman pembersih udara karena mampu meningkatkan kualitas udara dengan menyaring polutan dan racun dalam ruangan.

Lalu, apa lagi daya tarik tanaman hias aglaonema? Berikut ini jawabannya, dikutip dari sumber buku "Agar Aglaonema Tampil Memikat".



1. Semarak Sebagai Elemen Taman
Tren taman tropis sedang marak dan cocok dihadirkan di rumah. Salah satu tanaman yang cocok menghiasi sudut taman di rumah adalah aglaonema. Tanaman hias aglaonema umumnya ditempatkan di teras atau bagian dalam rumah.

Namun saat ini, hadirnya aglaonema di taman menjadi pemandangan yang menyegarkan. Lebih dari itu, hadirnya aglaonema merupakan refleksi dari kedamaian. Apalagi ditambah unsur dekoratif taman, seperti gazebo, kolam ikan, atau patung-patung membuat suasana aglaonema di taman menjadi lebih hidup. Terlebih lagi, coraknya pun beragam sehingga taman semakin eksklusif.

Jika Anda berminat untuk memperbanyak varietas aglaonema di taman pun bisa dilakukan dengan mudah. Caranya bisa diperbanyak dengan biji, stek ujung, pembelahan, atau dengan kultur jaringan di laboratorium. Namun, kebanyakan orang memilih dengan cara pembelahan karena dianggap paling sederhana untuk dilakukan di rumah.

2. Memikat di Sudut Ruangan
Aglaonema ini, jika diletakkan secara indoor akan menghadirkan kesegaran di setiap sudut ruangan. Dengan penempatan yang tepat, tanaman hias daun ini mampu menjadi elemen penting di sudut rumah, teras, ruang luar, dan ruang dalam.

Misalnya saja, kehadiran teras terasa belum pas tanpa dilengkapi dengan sentuhan pemandangan yang cantik. Tak salah bila aglaonema cocok diletakkan di depan teras rumah karena keeksotisannya mampu memberi nilai estetis sebagai area welcome bagi tamu.

Sementara itu bila aglaonema diletakkan di teras belakang atau teras samping, mampu memberikan kesan yang lebih bersifat pribadi dan fungsinya lebih diarahkan sebagai media menyalurkan hobi saja.

Bila aglaonema diletakkan di dalam ruangan pun tak masalah untuk melengkapi keindahan rumah. Apalagi, sosoknya yang cantik bisa dilihat dari berbagai arah, yaitu dari arah luar dan dari arah dalam. Sehingga di mana pun diletakkan, aglaonema tetap terlihat cantik dan elegan.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading