Internasional

Deretan Tempat Dihapus UNESCO dari Warisan Dunia, RI Terancam

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
23 July 2021 16:05
The Royal Liver Building,  right, on the waterfront of Liverpool, England, which has been removed from the World Heritage List Wednesday July 21, 2021.  The UN World Heritage committee found developments including the new Everton soccer stadium threatened the value of the city's waterfront. (Peter Byrne/PA via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - UNESCO menghapus kota Liverpool, Inggris dari daftar situs 'Warisan Dunia atau Wold Heritage'. Hal ini disahkan dalam sidang komite virtual ke-44 yang berlangsung di Fuzhou, China Rabu (22/7/2021).

"Komite Warisan Dunia (Our World Heritage) memutuskan untuk menghapus Liverpool, Maritime Mercantile City dari daftar World Heritage. Ini karena hilangnya atribut yang menyampaikan nilai universal luar biasa dari wilayah tersebut," kata UNESCO dalam sebuah pernyataan.


Keputusan ini diambil akibat adanya perkembangan baru di wilayah tersebut. Salah satunya pembangunan lapangan sepak bola untuk Everton FC di daerah Bramley-Moore Dock yang dianggap "merugikan keaslian dan integritas situs" bersejarah tersebut.

Daerah Bramley-Moore Dock sendiri merupakan salah satu area yang masuk dalam kompleks Liverpool Maritime Mercantile City.Dalam sidang UNESCO, sebanyak 20 suara telah diberikan, dengan 13 mendukung penghapusan kota dari daftar, lima menentang proposal dan dua surat suara tidak sah.

Kota Liverpool sebelumnya ini dianugerahi gelar sebagai situs bersejarah pada tahun 2004. Ini didapat berkat dampak sejarah dan arsitekturnya sebagai pusat perdagangan utama selama Kerajaan Inggris.

Kota ini bersanding tempat-tempat bersejarah lainnya. Ada juga Taj Mahal dari India, Piramida di Mesir dan Katedral Canterbury.

Namun, Kota Liverpool bukan satu-satunya situs yang telah dihapus dari daftar UNESCO. Sebelumnya ada Lembah Elbe di Dresden di Jerman dan Suaka Oryx Arab di Oman yang kehilangan status ini,

Halaman 2>>>>

Indonesia Juga Terancam
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading