Deretan Manfaat Vitamin D, Bisa Tangkal Corona?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 July 2021 13:54
INFOGRAFIS, Vitamin Ini Efektif Lawan Virus Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus Covid-19 semakin melonjak di Indonesia. Untuk itu, penting bagi masyarakat menjaga imunitas tubuh.

Salah satu caranya yakni dengan mencukupi asupan vitamin D setiap hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin D yang cukup mampu mengurangi risiko seseorang untuk terinfeksi virus corona.

Menurut penelitian terbaru, pasien Covid-19 yang asupan vitamin D nya tercukupi cenderung memiliki gejala yang lebih ringan daripada pasien Covid-19 yang kekurangan vitamin D.


Selain itu, ada beberapa manfaat dan fungsi dari vitamin D, salah satunya damat mengurangi pertumbuhan sel kanker. Vitamin D juga berpengaruh mengendalikan infeksi dan mengurangi peradangan. Serta berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencukupi asupan vitamin D untuk mencegah atau mengobati virus corona:


- Konsumsi makanan kaya akan vitamin D

Asupan vitamin D juga bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan mengandung vitamin D. Makanan yang kaya akan vitamin D antara lain adalah ikan salmon, sarden, daging tanpa lemak, hati, kuning telur, jamur, tuna, udang, dan susu serta produk olahannya.


- Berjemur

Tubuh akan memproduksi vitamin D secara alami saat berjemur di bawah sinar matahari. Anda dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari selama sekitar 15-20 menit, setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Waktu berjemur yang ideal untuk pembentukan vitamin D adalah sekitar pukul 08.30 hingga 10.00. Saat berjemur, gunakanlah topi, kacamata hitam, serta tabir surya dengan SPF minimal 30, agar mata dan kulit terlindungi dari efek sinar ultraviolet yang berbahaya.

- Mengonsumsi suplemen vitamin D

Mengonsumsi suplemen vitamin D harus sesuai dengan kebutuhan. Jumlah vitamin D harian yang direkomendasikan secara internasional adalah 400 IU untuk anak-anak hingga usia 1 tahun, 600 IU untuk usia 1-70 tahun, dan 800 IU untuk usia 70 tahun ke atas.

Hindari mengonsumsi suplemen vitamin D dosis tinggi, apalagi sampai melebihi 4.000 IU per hari. Dosis vitamin D yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti sakit perut, telinga berdenging, otot tubuh melemah, dan bahkan gagal ginjal.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading