Fenomena Bawang yang Bisa Sembuhkan Covid-19, Benar?

Lifestyle - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
14 July 2021 08:46
INFOGRAFIS, Harga Bawang Bombay dan Gula Pasir Melambung Tinggi

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama ini beredar kabar bahwa virus corona dapat sembuh sendirinya dengan semangkuk air bawang putih yang baru direbus. Info ini pun beredar di media sosial atau aplikasi obrolan grup WhatsApp.

Namun, informasi tersebut dibantah oleh Kementerian Kesehatan. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan bahwa air rebusan bawang putih tidak dapat menyembuhkan dari virus corona.

Berikut narasi dari pesan berantai di aplikasi WhatsApp:


"Kabar baik.... Virus Corona dapat sembuh dgn sendirinya dengan semangkuk air bawang putih yang baru direbus. Seorang Dokter muslim Tiongkok yang telah membuktikan keefektifannya. Banyak pasien juga telah terbukti efektif, Resep: Ambil delapan (8) siung bawang putih cincang, tambahkan tujuh (7) gelas air dan didihkan. Makan dan minum air matang dari bawang putih. Diperbaiki dan disembuhkan dalam semalam... tolong bagikan dengan semua kontak Anda agar dapat membantu menyelamatkan nyawa manusia. mari berbagi kebaikan, karena bagian dari iman, selain ber'doa dan jaga kebersihan
BERBAGI ITU INDAH"

Namun, mengutip situs covid19.go.id, berdasarkan hasil penelusuran Nadine Salsabila dari Universitas Diponegoro, Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa air rebusan bawang putih tidak dapat menyembuhkan dari virus corona.

Belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan bahwa meminum air rebusan air bawang putih dapat menyembuhkan dari virus corona. WHO melalui laman resminya juga mengatakan hal yang serupa, hanya saja WHO mengatakan bahwa bawang putih merupakan makanan yang kemungkinan memiliki kandungan yang bersifat antimikroba.

Hasil periksa fakta yang sama juga pernah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul "[SALAH] Air Rebusan Bawang Putih Menyembuhkan Virus Corona" dan "[SALAH] Air Rebusan Bawang Putih Dapat Menyembuhkan COVID-19".

Dengan demikian, pesan berantai pada Whatsapp yang mengatakan bahwa rebusan air bawang putih dapat menyembuhkan dari virus corona tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Mengutip Beautynesia, bawang putih mengandung Vitamin B6, Vitamin C, Kalsium Kalium, dan Fosfor yang dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh serta mengandung banyak antioksidan.

Air rebusan bawang putih disebutkan dapat meringankan gejala flu, batuk, dan meningkatkan daya tahan tubuh, namun bukan spesifik menyembuhkan Covid-19.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading