Kenali & Pahami! Ini 5 Gejala Ringan Terinfeksi Covid-19

Lifestyle - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
10 July 2021 16:14
Infografis/Ini Ciri-ciri gejala orang terinfeksi Covid-19 dari India/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah setahun lebih kita hidup berdampingan dengan virus Corona atau Covid-19. Di mana kasus pertama kali diumumkan di Indonesia pada Maret 2020.

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia pun telah mengumumkan virus ini sebagai pandemi sebab telah menyebar ke lebih dari 120 negara di dunia.

Di Indonesia sendiri, saat ini penyebaran Covid sedang mengganas, terutama dengan munculnya varian delta yang berasal dari India. Kasus positif harian di dalam negeri bahkan terus memecah rekor tertingginya sepanjang sejarah.


Gejala yang paling sering dirasakan oleh masyarakat yang terinfeksi adalah kehilangan indra penciuman hingga lemas dan sesak napas. Gejala ini telah sering dilaporkan oleh WHO.

WHO bahkan menyebutkan, gejala terinfeksi virus Corona bisa dirasakan dengan gejala ringan hingga berat. Untuk yang mempunyai penyakit bawaan seperti diabetes dan biasanya mengalami gejala yang berat.

Dilansir dari Good Housekeeping berikut lima tanda-tanda ringan terinfeksi virus Corona:

1. Hilang penciuman

Hilang penciuman menjadi gejala yang paling umum dirasakan oleh orang yang terinfeksi virus corona. Tak jarang pula orang yang kehilangan indra penciuman meyakini dirinya sudah terinfeksi Covid.

Orang yang terinfeksi virus Corona dan kehilangan indra penciuman dikatakan masuk dalam orang tanpa gejala (OTG). Sehingga jika mengalaminya disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama dua pekan.

2. Rasa Lelah

Orang yang terinfeksi virus Corona juga mudah merasa kelelahan. Ini disebabkan oleh tubuh yang bekerja keras untuk melawan virus yang masuk ke tubuh.

3. Sakit Tenggorokan

Gejala ini juga kerap dirasakan oleh seseorang yang terinfeksi virus corona. Rasa tidak nyaman di tenggorokan sering terjadi karena virus ini memang menyerang saluran pernapasan.

4. Demam

Seseorang yang terinfeksi virus corona sering kali merasakan demam dan menggigil seluruh tubuhnya. Ini adalah gejala umum yang dirasakan dan dibarengi dengan sakit kepala.

5. Mual

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa seseorang yang terinfeksi virus corona kerap merasakan mual, hingga muntah-muntah. Gejala ini bahkan kerap kali dibarengi dengan diare.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading