Heboh, Kenapa Warga +62 Gunakan 'Wkwkwk' untuk Tertawa?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
03 June 2021 13:35
Emoticn tertawa (Image by Gerd Altmann from Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hampir semua orang dari berbagai negara umumnya menggunakan istilah 'laugh out loud' (lol) untuk menggambarkan situasi tertawa. Namun ini berbeda dengan yang terjadi di Indonesia.

Penggunaan kata untuk tertawa orang Indonesia adalah 'wkwkwk'. Hal ini pun dianggap unik dan lucu.

Kabarnya, 'wkwkwk' menjadi satu-satunya kata yang digunakan di kalangan orang Indonesia saja. Bahkan, akibat tulisan 'wkwkwk', Indonesia disebut 'wkwkwk island'.


Lantas, dari mana kata 'wkwkwk' berasal? dan kenapa warga +62 menggunakannya?

Pertanyaan tersebut muncul di situs tanya jawab Quora.

Salah satu pengguna situs asal Indonesia bernama Rasya Swarnasta berkomentar bahwa dia tidak tahu pastinya bagaimana penggunaan 'wkwkwk'. Namun kata 'wkwkwk' digunakan untuk percakapan tawa lebih dari kata.

"Saya tidak tahu. Wkwkw."

"Terkadang saya juga menggunakan 'hahaha', tetapi saya dan teman-teman biasanya menggunakan 'wkwkwk' ketika kami tidak benar-benar menertawakan percakapan tersebut, itu tergantung pada situasinya. Dan selain 'hahaha' atau 'wkwkwk', masih ada lagi. Seperti: 'wakaka', 'lololol', 'hehehe', atau versi huruf besar: 'HAHAHA' atau 'WAKAKA'."

"Terkadang kita merasa seperti emoticon mengekspresikan tawa kita lebih dari kata-kata. Jadi kita memang menggunakan emoticon seperti: 'XDDD',':)))))', atau '=)))))' tentunya dengan banyak huruf D atau simbol kurung tutup."

Johannes Sulistyo, pengguna Quora lainnya, menambahkan bahwa para pemain game online di zaman itu gemar juga menuliskan kata 'ka-ka-ka' sebagai ekspresi tertawa sarkastik.

Penggunaan kata itu diambil dari 'ngakak'. Lebih lanjut, penggunaan kata 'wakaka' digunakan sebagai pengganti 'ka-ka-ka' tersebut. Kemudian, untuk membuatnya semakin sederhana, dibuatkan kata 'wkwkwk'.

Selain itu, pengguna lain Dio Wijayanto Nugroho menuturkan bahwa kata 'wkwkwk' sebenarnya lahir di komunitas game online. Awalnya, menurut Dio, seperti para pemain game yang lebih gemar menggunakan kata 'gua' sebagai pengganti 'saya'.

Kata tersebut pun berganti menjadi 'gw' karena lebih mudah untuk diketik, pemain hanya perlu mengetikkan dua huruf saja. Perubahan juga terjadi di ekspresi tertawa.

Kemudian, kata itu berubah lagi menjadi 'wkwkwk' dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan 'haha'. Pemain game online bisa mengetikkan huruf 'w' dengan tanpa menggerakkan tangan kiri. Sementara itu, huruf 'k' bisa diketik tanpa menggerakkan tangan kanan.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading