Indahnya Negara dengan Langit Paling Biru Sedunia

Lifestyle - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
01 June 2021 14:10
Two swimmers look over a Pacific Voyagers vaka from Fiji tied up on the beach at Aquatic Park in San Francisco, Tuesday, Aug. 9, 2011. In April, seven traditional Polynesian ocean-going vessels called vakas and their 16 member crews, set sail on a 15,000 nautical mile journey across the Pacific. The group arrived in San Francisco last week and is traveling down the West Coast to raise awareness for the health of our oceans. The vakas tied up on the beach at the park to allow the public to tour the boats. (AP Photo/Eric Risberg)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memandang indahnya langit biru yang bersih bagi sebagian orang adalah suatu kenikmatan tersendiri. Banyak orang yang tentunya mendambakan memiliki langit biru cerah di negaranya.

Ada salah satu negara yang bisa dikatakan paling beruntung karena kondisi langitnya yang indah dan biru. Tak tanggung-tanggung, bahkan negara ini dinobatkan sebagai negara dengan langit paling biru sedunia. Negara yang beruntung ini adalah Fiji.

Selain Fiji, ada empat negara lainnya yang masuk dalam daftar teratas negara dengan langit paling biru, yakni Bahama, Kamboja, Kosta Rika dan Prancis. Mengutip dari detik.com, daftar ini dianalisa oleh sebuah layanan penukaran mata uang S Money yang bekerja sama dengan ilmuwan.


Kepulauan Fiji, salah satu negara dengan langit spesial itu, terletak di Samudera Pasifik dan menyandang status baru sebagai negara dengan langit paling biru di dunia.

Melansir detik.com, para peneliti menganalisis gambar langit di hari cerah di setiap ibu kota negara. Riset itu juga dilakukan di 25 kota terpadat yang ada di Amerika Serikat.

Analisis dilakukan berdasarkan hasil skala warna CIELAB atau ruang warna paling lengkap yang ditetapkan oleh Komisi Internasional tentang iluminasi warna. Tim peneliti dari S Money kemudian menerjemahkan warna-warna yang didapatkan ke dalam warna hex untuk setiap langit.

Setelah dianalisis, ternyata ada fakta mengejutkan dari riset tersebut. Paris menjadi kota dengan langit paling biru di Eropa. Kemudian, ada Cape Town dengan kota yang memiliki warna biru cobalt di Afrika.

Sejumlah kota di Amerika Serikat juga masuk dalam daftar langit biru. Hasilnya menjadi kontroversi, karena San Francisco masuk daftar kota berlangit biru padahal kota ini lebih akrab dengan langit berkabut.

Langit biru San Fransisco mungkin disebabkan oleh polusi udara yang rendah di kota teluk itu. Lewat ukuran rata-rata hanya 7,1 mikrogram partikel halus per meter kubik (melampaui target WHO), langit San Francisco lebih biru dan jernih daripada kota-kota lainnya di Amerika.

INFORMASI SELENGKAPNYA >>> KLIK DI SINI


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading