Internasional

Deal, Amazon Resmi Beli Perusahaan Film 'James Bond' Rp 120 T

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
27 May 2021 08:50
Ilustrasi Foto: Daniel Craig (dok.Twitter James Bond)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan teknologi Amazon pada Rabu (26/5/2021) telah setuju untuk membeli rumah pembuat film MGM seharga US$ 8,45 miliar atau setara Rp 120,6 triliun.

Langkah ini dilakukan setelah Amazon yang meluncurkan "Amazon Prime " yang mengalami pertumbuhan yang pesat karena lebih banyak konsumen beralih ke media streaming.


Ini memberi Amazon kewenangan atas studio Metro Goldwyn Mayer yang kini telah dihantam serangkaian perubahan kepemilikan dan kebangkrutan dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami sangat senang dengan MGM," kata pendiri Amazon Jeff Bezos kepada pemegang saham pada pertemuan tahunannya sebagaimana dikutip APF.

"MGM memiliki katalog yang luas dan mendalam tentang kekayaan intelektual yang sangat dicintai ... Ini akan menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan, dan orang-orang yang menyukai cerita akan menjadi penerima manfaat besar."

Bagi Amazon, kesepakatan itu adalah akuisisi terbesar kedua setelah membeli rantai grosir Whole Foods pada 2017 lalu seharga US$ 13,7 miliar (Rp 196 triliun).

Pembelian ini diprediksi akan membuat posisi Amazon Prime akan semakin kompetitif dalam bersaing dengan rivalnya seperti Netflix, Disney +, dan juga Apple TV.

MGM memiliki hak untuk produksi film termasuk "James Bond", "Rocky," "Legally Blonde" dan "Tomb Raider," dan acara televisi seperti "The Handmaid's Tale" dan "The Real Housewives Of Beverly Hills."

"MGM memiliki sejarah pembuatan film hampir satu abad dan melengkapi pekerjaan Amazon Studios, yang terutama berfokus pada produksi program acara TV," kata pernyataan dari perusahaan tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading