Singapura Sudah Pakai Pfizer untuk Anak, RI Berani Enggak?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 May 2021 13:51
System Pharmacy Clinical Manager at Hartford HealthCare Colleen Teevan prepares the Pfizer-BioNTech vaccine for COVID-19 to give to a front line worker outside of Hartford Hospital, Monday, Dec. 14, 2020, in Hartford, Conn. (AP Photo/Jessica Hill)

Jakarta, CNBC Indonesia - Singapura telah menyetujui penggunaan vaksin corona (Covid-19) buatan Pfizer-BioNTech sejak 14 Desember 2020 lalu untuk usia dewasa.

Namun baru-baru ini, regulator obat-obatan di Singapura, Health Sciences Authority (HAS) resmi menyetujui penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 pada anak berusia 12 hingga 15 tahun.

Kabar ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Ong Ye Kung, Selasa (18/5/2021) sore. Sebelumnya vaksin ini hanya diberikan pada mereka yang berusia 16 tahun ke atas.


Persetujuan penggunaan vaksin Corona Pfizer di Singapura juga datang dari komite ahli vaksin di negara itu. Efiikasi vaksin Corona Pfizer-BioNTech disebut konsisten.

"Kedua tim telah menilai bahwa vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 menunjukkan kemanjuran dan keamanan yang tinggi untuk kelompok usia 12 hingga 15 tahun ini, yang konsisten dengan apa yang kami amati untuk populasi orang dewasa," kata Ong, dikutip dari Channel News Asia.

Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) menyebut, pihaknya sudah mempertimbangkan keamanan, kemanjuran, tolerabilitas vaksin dan desain studi uji klinis sebelum memberikan persetujuan penggunaan pada anak.

"Data menunjukkan bahwa vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 menunjukkan kemanjuran tinggi yang konsisten dengan yang diamati pada populasi orang dewasa," tulis HSA.

"Profil keamanannya juga konsisten dengan profil keamanan yang diketahui pada populasi orang dewasa dan standar yang ditetapkan untuk vaksin terdaftar lainnya yang digunakan dalam imunisasi terhadap penyakit lain," lanjutnya.

Vaksin buatan Pfizer-BioNTech adalah vaksin Covid-19 pertama yang diizinkan untuk digunakan di Singapura untuk kelompok usia anak 12-15 tahun.

Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan menyebut vaksin Pfizer baru akan datang di periode Juni-Juli yang akan digunakan pada program vaksinasi Corona pemerintah. Belum ada kabar lebih lanjut mengenai siapa saja penerima vaksin Corona buatan Amerika Serikat ini.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading