Gokil, Bocah 12 Tahun Ini Lulus SMA & Kuliah Bersamaan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 May 2021 17:20
Mike Wimmer (Dok: IG @mike_aighost)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang bocah laki-laki berusia 12 tahun membuktikan bahwa kerja kerasnya terbayar saat pendidikannya tamat.

Namun siapa sangka, bocah asal negara bagian North Carolina, Amerika Serikat ini berhasil menyelesaikan pendidikannya di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) dan kuliah secara bersamaan.

Mengutip People, Mike Wimmer, dari Salisbury, akan lulus dari Rowan-Cabarrus Community College pada 21 Mei dan dari Concord Academy High School pada 28 Mei.


Mike telah menyelesaikan total empat tahun masa studi SMA dan universitas hanya dalam satu tahun. Rinciannya adalah dua tahun SMA dan dua tahun gelar associate universitas, menurut CNN.

Tidak hanya itu, Mike sukses meraih IPK 5,45 di SMA, dan IPK 4,0 di Rowan-Cabarrus. Dia juga diketahui sebagai pendiri dua perusahaan startup teknologi yang disebut Next Era Innovations dan Reflect Social, menurut WCNC.

"Banyak orang mengira saya telah melepaskan masa kecil saya atau entah bagaimana kehilangannya. Dan saya katakan kepada mereka bahwa saya sedang bersenang-senang dalam hidup saya," kata Mike kepada CNN.

Mike memberi tahu WCNC bahwa minatnya pada teknologi dimulai ketika dia masih kecil. Saat berusia 18 bulan ia memiliki iPad pertamanya dan penasaran bagaimana cara kerja teknologi itu.

"Saya benar-benar selalu tertarik padanya (teknologi). Pada usia 18 bulan dengan iPad pertama saya, saya mulai bertanya-tanya, 'Bagaimana cara kerjanya?," paparnya.

Pada usia 5 tahun, Mike pun memulai segalanya dengan memupuk minat yang serius dalam pemrograman komputer.

Singkat cerita, ia pun semakin berkembang hingga mempelajari lusinan bahasa dan dilakukan secara otodidak.Mike bergerak jauh lebih cepat daripada teman-temannya seusianya saat melanjutkan pendidikan formalnya.

Meskipun lebih muda dari teman sekelasnya di kuliah saat ini, Mike mengatakan bahwa dia menjalin hubungan yang baik dengan mereka.

"Saya melewati semua nilai di sekolah dengan kecepatan yang lebih cepat. Saya seperti spons, saya menyerap pengetahuan dengan sangat cepat. Saya selalu tertarik pada ilmu teknologi, tetapi saya adalah siswa yang berpengetahuan luas dan berprestasi luar biasa dalam semua mata pelajaran," ungkap ia.

Akhirnya, Mike pun memulai dua perusahaan rintisannya. Perusahaan pertama, Next Era Innovations, berfokus pada pengkodean dan dunia robotik, terutama dengan interaksi antara manusia dan robot AI.

Perusahaan kedua, Reflect Social adalah menggabungkan platform media sosial populer dengan perangkat Internet of Things (IoT) untuk memberikan pengalaman sosial baru yang dinamis.

Sepanjang jalan, Mike mempresentasikan di depan Kongres pada sebuah konferensi pada September 2017 dan menjadi anak di bawah umur pertama yang pernah dianugerahi posisi dan dipekerjakan oleh Komando Operasi Khusus Amerika Serikat (USSOCOM) pada Juli 2019, menurut situs web Next Era.

Kedua orangtua Wimmer mengaku bangga dengan pencapaian anaknya.

"Jika satu pintu terkunci, dia akan mencari cara lain bagaimana mencapai tujuannya," kata ibunya, Melissa Wimmer, kepada CNN.

Sang ayah, Mark Wimmer, juga mencatat bahwa Mike telah berkembang pesat di luar akademisnya. Saat dia melihat ke depan untuk masa depannya, Mike mengatakan dia berencana mengejar karir di bidang robotika dan pemrograman komputer, menurut WCNC.

Jelang kelulusannya yang hanya beberapa minggu lagi, Mike sedang mempertimbangkan opsi-opsi karier selanjutnya seperti bekerja di dalam atau luar AS, melanjutkan sekolah, atau mencari beasiswa untuk mengembangkan startup-nya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading