Cerai dari Bill Gates, Melinda Jadi Janda Terkaya Dunia?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 May 2021 17:05
Bill Gates dan Melinda bercerai. (IG: thisisbillgates) Foto: Bill Gates dan Melinda bercerai. (IG: thisisbillgates)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar perceraian salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates dan istrinya Melinda Gates telah menghebohkan masyarakat. Bagaimana tidak, pernikahan mereka dikenal jauh dari gosip dan telah berlangsung selama 27 tahun dan memiliki tiga orang anak.

Bill Gates merupakan orang terkaya keempat di dunia. Sementara itu, Melinda Gates adalah mantan manajer Microsoft yang menjadi pemerhati kesehatan global dan kesetaraan gender bagi wanita dalam perannya mengelola yayasan Bill & Melinda Gates Foundation.


Kekayaan bersih Bill Gates terdaftar oleh Forbes sebesar US$ 130 miliar atau Rp1.882 triliun. Ini menjadikannya orang terkaya keempat di dunia setelah Jeff Bezos (lebih dari Rp2.883 triliun), Bernard Arnault (lebih dari Rp2.642 triliun), dan Elon Musk (lebih dari Rp2.407 triliun).

Kekayaan bersihnya berasal dari Microsoft tetapi sahamnya di produsen perangkat lunak itu sekarang mungkin kurang dari 20%. Dia mengalihkan sebagian besar sahamnya ke Bill & Melinda Gates Foundation selama bertahun-tahun dan kepemilikan persisnya belum diungkapkan sejak dia meninggalkan dewan direksi Microsoft tahun lalu.

Meski bercerai, keduanya akan terus bekerja sama di Bill & Melinda Gates Foundation. Sayangnya pasangan itu tidak membahas masalah terkait dengan pembagian harta gono-gini sehingga apakah Melinda akan mendapat sebagian harta Bill Gates belum diketahui.

Sebelumnya, aset terbesar Gates adalah Cascade Investments, sebuah perusahaan induk yang dia buat dengan hasil penjualan saham Microsoft dan dividen yang dijalankan oleh Michael Larson. Lewat Cascade, Gates memiliki minat dalam real estat, energi dan perhotelan serta saham di lusinan perusahaan publik, termasuk Perkeretaapian Nasional Kanada dan pembuat traktor, Deere & Co.

Ini merupakan kasus perceraian terbesar kedua di kalangan orang terkaya dunia, setelah pengumuman perpisahan Jeff Bezos dan MacKenzie Scott pada 2019 lalu. Jeff Bezos dan MacKenzie memutuskan berpisah dengan harta sebanyak US$39 miliar atau Rp563 triliun.

MacKenzie menerima sekitar 19,7 juta saham Amazon.com, memberinya 4% saham di perusahaan senilai US$38,3 miliar atau Rp553 triliun. Keduanya bercerai setelah 25 tahun menikah setelah Bezos berselingkuh dengan mantan pembawa berita, Lauren Sanchez.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading