Mau Cuan Rawat Anthurium, Hindari 5 Hal Ini yah Bunda

Lifestyle - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 April 2021 17:45
Anthurium (Thehijau)

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu jenis tanaman yang saat ini sedang ramai dikoleksi adalah jenis tanaman hias Anthurium. Tanaman ini memiliki ciri khas berdaun banyak dan kurang menghasilkan bunga, memiliki daun yang tebal dan kaku hingga terus hijau.

Untuk memastikan Anthurium tetap terawat, pecinta tanaman hias harus memberikan perawatan khusus. Namun, terdapat lima hal yang harus dihindari agar tanaman dalam ruangan ini tumbuh dengan indah.

Berikut lima hal yang harus diperhatikan untuk memastikan Anthurium tetap sehat, dilansir dari Gardening Fan:


1. Kelebihan Air
Perlu diketahui, Anthurium tidak boleh disiram dengan jumlah air berlebihan, sebab tanaman ini membutuhkan ruang yang kering di tanahnya untuk tetap tumbuh dengan baik. Sebab, jika tanahnya terlalu basah, akan menyebabkan penyakit pada akarnya.

Namun, tanaman ini juga tidak bisa terlalu kering, terutama dalam kondisi iklim kering dan panas hingga menyebabkan tanahnya sangat kering.

Anthurium perlu disiram setiap hari, dan pastikan tanahnya lembab dan tidak kering selama musim panas berlangsung. Selain itu bisa juga dilakukan dengan menyemprotnya setiap hari.

2. Hama
Tanaman ini merupakan sasaran empuk untuk serangga penghisap sehingga disarankan untuk disimpan di dalam ruangan. Jika diganggu tanaman adalah dengan menanganinya sesuai dengan jenis serangga yang mengganggu.

Kutu daun merupakan salah satu hama yang paling berbahaya bagi Anthurium. Sehingga pastikan hama ini tidak mengganggu tanaman Anda.

3. Cahaya Matahari
Cahaya matahari langsung sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup Anthurium karena akan merusak daun-daunnya.

Jadi perlu diperhatikan untuk tidak menempatkan potnya menghadap langsung ke matahari, atau dengan posisi menyamping. Selain itu bisa menggunakan kain pelindung atau penutup untuk menghindari Anthurium dari paparan cahaya.

4. Suhu dan Kelembaban
Anthurium merupakan tanaman yang menyukai suhu hangat dan kelembaban tinggi. Letakkan tanaman di tempat yang bisa mendapatkan cahaya matahari yang terang secara tidak langsung namun tetap hangat.

Lalu pastikan untuk menyemprot dengan air untuk membuatnya tetap lembab.

5. Tidak Repotting
Satu lagi hal yang sering tidak diperhatikan adalah membiarkan Anthurium berada dalam pot yang sama. Padahal hal ini berpengaruh pada nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuhan. Sehingga pastikan Anthurium mendapatkan nutrisi yang baik.

Karena tanah adalah sumber utama makanan bagi tanaman, pindahkan Anthurium untuk mendapatkan tanah baru yang kaya nutrisi.

Selengkapnya simak halaman berikut ini >>>>>>>>>>


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading