Tanaman Hias Ini Lagi Hits, Begini Cara Merawatnya!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 April 2021 08:56
Adenium (Image by Noelia Secret from Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias Adenium kini mulai menjadi target pecinta tanaman hias. Tanaman dari benua Afrika serta Asia bagian barat ini masuk dalam jenis famili Apocynaceae yang mampu hidup di lingkungan kering.

Adenium akan semakin memesona ketika bunganya bermekaran. Meski begitu, Anda perlu memerhatikan dengan baik dalam perawatannya.


Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya dihindari dalam merawat tanaman hias Adenium:

1. Menggunakan Media Tanam yang Kurang Porous

Dikutip dari buku Problem Tanaman Hias Populer & Solusinya, cara merawat tanaman hias adenium yang sebaiknya jangan dilakukan adalah menggunakan media tanam yang kurang porous atau terlalu padat, hal ini sebenarnya dapat menyebabkan akar terendam air. Sehingga tanaman hias sulit bernapas dan memicu risiko serangan penyakit.

Kepadatan media tanam di dalam pot dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

-Terlalu banyak tersiram air hujan sehingga menjadi padat. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara menambahkan styrofoam di dasar pot.

-Menggunakan pasir kali halus sebagai campuran media tanam, Hal ini mengakibatkan adanya endapan di lapisan bawah media tanam, sehingga menyebabkan air sulit keluar dari dalam pot. Solusinya, bisa diatasi dengan mengganti pasir kali dengan pasir malang atau sekam mentah.

-Akar yang membesar dapat mengakibatkan kepadatan media tanam di dalam pot juga meningkat. Solusinya, lakukan repotting, dan pindahkan tanaman ke pot yang lebih besar.

2. Memberikan Pupuk Kimia Secara Berlebihan

Memberikan pupuk kimia secara berlebihan, dapat menyebabkan tanaman hias mati. Untuk mengetahui ciri tanaman hias yang terlalu banyak diberi pupuk kimia dapat dikenali, di antaranya daunnya yang keriput dan kering, kemudian rontok.

Perlu disadari bahwa kerusakan yang ditimbulkan akibat pemberian pupuk kimia yang berlebihan muncul sangat cepat, sekitar 2-3 hari. Untuk mengatasinya, bisa dengan menyiram tanaman hias adenium menggunakan air dalam jumlah banyak agar pupuk kimia yang ada di media tanam larut terbawa air.

Lebih lanjut klik di sini >>>


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading