Internasional

Sedihnya Negeri Ini, Lubang Penutup Got Dicuri Buat Makan

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
25 February 2021 17:30
Ilustrasi besi penutup selokan. (Dok: Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Krisis ekonomi di Lebanon tak hanya meninggalkan 'lubang' bagi kas negara itu. Ini juga menimbulkan banyak 'lubang' bagi selokan alias got di ibu kota Beirut.

Gubernur Beirut, Marwan Abbound, menyebut, krisis ekonomi telah meningkatkan kemiskinan dan lonjakan pencurian. Salah satunya pencurian yang marak saat ini adalah penutup got karena terbuat dari besi yang harganya mahal.


Abbound mengatakan pencurian mulai marak setelah ledakan besar terjadi di pelabuhan Beirut, 4 Agustus 2020. Ledakan itu menambah kesengsaraan warga yang sudah terpuruk secara ekonomi sejak perang saudara 1975 hingga 1990.

Mata uang Lebanon tergelincir 80% dari dolar AS di pasar gelap. Makin banyak orang yang dulunya makmur kini jatuh miskin dan mengandalkan bantuan bahkan untuk makan.

Inilah yang membuat penutup lubang got menjadi target pencurian. Yang pada akhirnya, membuat jalan semakin berbahaya bagi kendaraan dan pejalan kaki di malam hari.

"Kami mengerahkan orang untuk mencari pencuri siang dan malam," kata seorang pejabat kota, yang berbicara tanpa menyebut nama dikutip dari Gulf News melansir AFP, Kamis (25/2/2021).

Surat kabar Lebanon Al-Akhbar menulis penutup got tersebut beratnya bisa mencapai 70 kilogram. Ini berharga US$ 100 (sekitar Rp 1,4) per scrab material.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading