10 Negara yang Paling Pelit di Dunia, Bukan Amerika!

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
02 October 2022 14:30
Few people walk in crossing in Shibuya district, Tokyo Saturday, Oct. 12, 2019. Tokyo and surrounding areas braced for a powerful typhoon forecast as the worst in six decades, with streets and trains stations unusually quiet Saturday as rain poured over the city. (AP Photo/Kiichiro Sato) Foto: Tokyo, Jepang (AP Photo/Kiichiro Sato)

Jakarta, CNBC Indonesia - Charities Aid Foundation (CAF) mengeluarkan laporan negara-negara yang pelit untuk mengeluarkan donasi.

Laporan itu berjudul World Giving Index 2021: A Global Pandemic Special Report yang memuat daftar 10 negara terbawah dengan tingkat pemberian donasi paling sedikit di dunia.

Di urutan teratas negara paling pelit berdonasi adalah Jepang. Secara historis, Negeri Sakura memiliki skor rendah karena memiliki aturan yang rumit terkait pemberian amal.

Menurut laporan itu, ada benang merah di antara 10 negara yang paling jarang beramal, sebagian karena kemiskinan dan kerusuhan (seperti Lebanon) sementara yang lain karena alasan budaya (misalnya Prancis, Italia, dan Belgia).


Berikut negara pelit di dunia peringkat 10 terbawah, mengutip laporan dari CAF

1. Jepang pada peringkat 114
2. Portugal pada peringkat 113
3. Belgia pada peringkat 112
4. Italia pada peringkat 111
5. Korea Selatan pada peringkat 110
6. Maroko pada peringkat 109
7. Lebanon pada peringkat 108
8. Pakistan pada peringkat 107
9. Perancis pada peringkat 106
10. Latvia pada peringkat 105

Lalu, negara apa yang paling dermawan menurut laporan tersebut?

Indonesia dinobatkan sebagai negara yang paling banyak berdonasi karena menduduki peringkat pertama CAF World Giving Index dengan skor 69, atau naik dari skor terakhir 59 pada 2018 lalu, yang juga menempati peringkat pertama dalam Indeks.

Lebih dari 8 dari 10 orang Indonesia melakukan donasi pada 2021. Indeks itu juga menyebut bahwa tingkat kedermawanan Indonesia lebih tinggi 3x dari rata-rata global.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jepang Izinkan Turis Asing Masuk, Tapi Cuma dari 4 Negara Ini


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading