Internasional

Gawat Oppa! Tingkat Kesuburan Korea Terendah Sedunia

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 February 2021 10:52
A woman wearing a face mask walks by a board displaying the world banks' notes at a subway station in Seoul, South Korea, Thursday, May 28, 2020. South Korea’s central bank lowered its policy rate to an all-time low of 0.5% to soften the pandemic’s shock to the country’s trade-dependent economy, which it says may shrink for the first time in 22 years. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tingkat kesuburan di Korea Selatan (Korsel) turun ke level terendah di dunia. Dalam sebuah laporan Rabu (24/2/2021), ini disebabkan ketidakpastian virus corona (Covid-19) yang membuat pasangan enggan menikah dan memiliki anak.

Menurut data tahunan resmi Badan Statistik Korea, jumlah bayi yang diharapkan per wanita Korsel melorot menjadi 0,84 pada tahun 2020. Ini turun lebih dalam dari rekor terendah sebelumnya di negara itu 0,92 di 2019.


Ini merupakan angka yang terendah di antara lebih dari 180 negara anggota Bank Dunia. Bahkan jauh di bawah AS tercatat 1,73 dan Jepang 1,42.

Bahkan, penurunan ini juga menjadi tonggak sejarah yang suram setelah populasi turun untuk pertama kalinya pada tahun lalu. Ekonomi terbesar keempat di Asia adalah negara dengan penuaan tercepat di OECD.

Pemerintah dianggap telah gagal membalikkan penurunan angka kelahiran meskipun menghabiskan miliaran dolar setiap tahun untuk subsidi perawatan anak dan tunjangan cuti melahirkan. Ibukota negara, Seoul, mencatat tingkat kelahiran terendah berada di angka 0,64.

Sebelumnya dari laporan BBC, data Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan Universitas Washington AS, tingkat kesuburan global telah turun hampir 50% menjadi 2,4 pada 2017. Jurnal ilmiah The Lancet bahkan memperkirakan angkanya akan di bawah 1,7 pada 2100.

Populasi warga dunia akan mencapai puncak di 2064 yakni mencapai 9,7 miliar orang. Namun akan turun ke 8,8 miliar.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading