Sederet Tanaman Hias Tren 2021, Ada Tengkorak Kalimantan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 February 2021 07:40
Alocasia Cuprea , Keladi Tengkorak (Shopee/Alfatih.garden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak pandemi Covid-19, ada banyak hal baru yang telah menjadi hobi spesial seperti bertanam. Hal ini dipilih untuk menghilangkan rasa bosan ketika di rumah saja untuk menekan penyebaran virus corona.

Beberapa tanaman pun telah menjadi primadona sepanjang 2020, misalnya tanaman hias janda bolong (Monstera Adansonii). Kini di awal tahun pun ada beberapa tanaman yang popularitasnya bakal meroket dan menjadi tren di 2021.


Lantas apa sajakah itu, berikut paparannya yang dirangkum CNBC Indonesia.

Kaktus African Milk Tree

African Milk Tree memiliki nama ilmiah Dri Euphorbia Trigona ini kerap dianggap sebagai salah satu jenis tanaman kaktus. Hal ini dilihat, selain karena tampilannya yang berduri mirip seperti kaktus.

Tanaman ini terkenal karena pertumbuhannya yang cepat, indah dan tahan terhadap kekeringan dan pasti akan membuat kagum siapa yang melihatnya.

Pakis Blue Star Fern

Blue star fern adalah tanaman sejenis pakis yang cocok untuk ditempatkan di kamar mandi. Tanaman ini dapat tumbuh subur di tingkat kelembapan yang lebih tinggi.Ini tanaman tropis yang bagus untuk dimiliki.

Blue star fern. (Dok: Istimewa)Foto: Blue star fern. (Dok: Istimewa)
Blue star fern. (Dok: Istimewa)

Chinese Money Plant

Sering dikenal tanaman koin di Indonesia, tanaman ini memiliki daun yang mengesankan. Chinese Money Plant memiliki daun bulat dan mengkilap yang sangat mudah ditanam.

Popularitas tanaman ini pun terbukti dengan banyaknya unggahan tentang tanaman ini di Instagram.

Tanaman hias Chinese Money (Haibunda.com)Foto: Tanaman hias Chinese Money (Haibunda.com)
Tanaman hias Chinese Money (Haibunda.com)

Lidah Mertua

Sansevieria atau lebih dikenal lidah mertua merupakan tanaman yang tak pernah hilang dari peredaran tren. Tanaman ini sangat cocok untuk mereka yang cukup sibuk. Tanaman ini begitu digemari karena minim dan bandel perawatan.

Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)Foto: Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)
Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)

Kaktus Bunny Ear (Kaktus Kelinci)

Kaktus Bunny Ears dikenal dengan nama kaktus kelinci. Ia menjadi salah satu jenis kaktus opuntia yang sangat digandrungi. Tanaman ini digadang-gadang bakal menjadi tren dunia di tahun ini.

Bunny ear cactus. (Dok: Diys.com)Foto: Bunny ear cactus. (Dok: Diys.com)
Bunny ear cactus. (Dok: Diys.com)

Fishbone Cactus (Wijayakusuma)

Salah satu tanaman yang dipresiksi akan populer di tahun 2021 adalah Fishbone Cactus alias Wijayakusuma. Berasal dari hutan hujan Meksiko, tanaman ini terkenal dengan batangnya yang panjang dan pipih seperti tulang ikan. Yang terbaik dari semuanya, perawatannya mudah dan praktis.

Fishbone cactus. (Dok: Istimewa)Foto: Fishbone cactus. (Dok: Istimewa)
Fishbone cactus. (Dok: Istimewa)

String of Hearts

Tanaman cantik ini memiliki daun bermotif hati yang sangat cocok untuk konservatori.Tanaman ini diprediksi sebagai salah satu tanaman yang paling populer untuk tahun ini.

String of hearts. (Dok: Istimewa)Foto: String of hearts. (Dok: Istimewa)
String of hearts. (Dok: Istimewa)

Happy Bean Plant

Tanaman ini juga diprediksi menjadi salah satu tanaman hias yang bakal populer di tahun 2021 ini. Berasal dari Amerika Selatan yang tinggal di hutan hujan, happy bean adalah spesies tanaman semi sukulen epifit abadi.

Tanaman tropis ini tumbuh lambat namun kokoh. Ia dapat dengan mudah bertahan hidup dengan pengabaian, sehingga tanaman ini cocok untuk penanam tanaman yang sibuk.

Happy Bean Plant. (Dok: Istimewa)Foto: Happy Bean Plant. (Dok: Istimewa)
Happy Bean Plant. (Dok: Istimewa)

Keladi Tengkorak Silver

Tumbuhan hias asal Kalimantan ini meningkat sejak beberapa bulan terakhir dan harganya melonjak drastis. Keladi tengkorak ini memiliki ciri khas khusus yakni daun dengan semburat warna silver.

Keindahan semburat silver itu bakal semakin terlihat jika terkena sinar matahari. Tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai dekorasi ruangan maupun dekorasi halaman.

Alocasia Cuprea , Keladi Tengkorak (Tokopedia/Katshop27)Foto: Alocasia Cuprea , Keladi Tengkorak (Tokopedia/Katshop27)
Alocasia Cuprea , Keladi Tengkorak (Tokopedia/Katshop27)

Mistletoe Cactus

Kaktus Mistletoe (Rhipsalis Baccifera ) adalah sukulen tropis asli hutan hujan di daerah hangat. Kaktus ini ditemukan di Florida, Meksiko dan Brasil. Ini adalah tanaman unik yang akan tumbuh subur sepanjang tahun.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading