Awas Bunda, 7 Tanaman Hias Ini Cantik-cantik Beracun!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 May 2021 16:15
Tanaman zz plant (Photo by Ksenia Chernaya from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Warna cerah dan indah tak menjamin tanaman hias selalu aman. Nyatanya, ada tanaman hias cantik namun beracun.

Jika Anda memilikinya di rumah, pastikan agar dijauhi dari anak-anak atau orang tersayang Anda. Sebab, bukan tidak mungkin tanaman beracun ini akan memicu gangguan kesehatan yang merugikan bahkan menyebabkan kematian.


Berikut adalah tanaman hias cantik tapi beracun yang dirangkum CNBC Indonesia.

1. ZZ Plant (Zamioculcas Zamiifolia)

ZZ plant atau tanaman dolar merupakan tanaman hias yang sempat populer beberapa waktu lalu. Bentuknya yang kokoh dan daun yang berderet selembar-selembar layaknya uang.

Karakteristik tanaman hias ini adalah daunnya berwarna hijau pekat, tumbuh sejajar dengan ukuran simetris, berurat, kecil-kecil, mengandung banyak air, serta tampak mengilap. Selain itu, saat di malam hari, ketika sorot lampu menerpa, daun-daun ini seolah menampilkan kilap yang amat indah

Meski indah, sayangnya tanaman dolar ini harus dijauhkan dari jangkauan si kecil dan hewan peliharaan. Jika sampai tertelan, gejala yang dihasilkan berupa sensasi mulut terbakar, bengkak, iritasi, muntah, air liur yang berlebihan dan kesulitan bernapas.

ZZ Plant. Dok: TokopediaFoto: ZZ Plant. Dok: Tokopedia
ZZ Plant. Dok: Tokopedia

2.Lidah Mertua

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias lidah mertua atau sansevieria. Memiliki corak daun dan warnanya yang indah, lidah mertua menjadi populer di kalangan pencintanya.

Karena bermanfaat sebagai penyuplai udara bersih, tanaman hias lidah mertua juga kerap kali jadi dekorasi indoor. Namun ternyata, lidah mertua termasuk juga dalam tanaman hias beracun. Meski racun yang dihasilkannya tak terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare.

3.Kuping Gajah

Di balik keindahan warna serta bentuk daunnya yang menawan, kuping gajah menyimpan racun yang cukup berbahaya bagi makhluk hidup. Daunnya bisa menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan karena menutup keluar dan masuknya udara.

Jauhkan tanaman hias ini dari jangkauan si kecil ya. Karena jika tak sengaja menggosok daun kuping gajah ke tangan, bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan rasa gatal yang luar biasa.

4.Wisteria

Wisteria merupakan tanaman hias dengan bunga cantik menjuntai ke bawah. Tanaman hias ini populer di Jepang dan China.

Namun, bagian bijinya ternyata beracun untuk manusia. Meski cantik, bunga ini menyimpan zat beracun yang kuat. Zat saponin yang terkandung dalam bijinya, jika sampai tertelan menyebabkan gejala seperti pusing, muntah, bahkan pingsan.

5.Foxgloves

Tanaman hias berbentuk lonceng yang unik ini berbahaya untuk manusia. Bahkan bisa menyebabkan kematian.

Warnanya yang indah dan bentuknya yang unik bisa menarik perhatian si kecil untuk memainkannya. Jika sampai tertelan, gejala yang dialami berupa kejang, tremor, denyut nadi melemah dan gangguan irama jantung.

Kalau tertarik merawat tanaman hias ini, pastikan meletakkannya di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

6.Philodendron

Tanaman hias philodendron cukup populer dan kerap dijadikan sebagai interior ruangan berkat keindahan daunnya. Tanaman hias satu ini juga digandrungi oleh banyak orang berkat perawatannya yang mudah.

Meski bisa diletakkan di dalam rumah, bukan berarti tanaman hias ini aman bagi si kecil. Tanaman hias philodendron justru berbahaya karena mengandung racun di dalamnya.

Gejala keracunan akibat tanaman hias ini adalah iritasi mulut, bengkak, muntah, kesulitan bernapas dan air liur berlebihan.

Philodendron luxuriansFoto: Philodendron luxurians
Philodendron luxurians

7. Belladonna

Sekilas tanaman hias ini mirip dengan buah berry yang menggiurkan untuk disantap. Jangan biarkan si kecil mendekatinya. Sebab, belladonna memiliki kandungan zat tropane alkoids yang beracun jika dikonsumsi.

Ada beragam efek yang dapat terjadi jika tak sengaja mengonsumsinya, seperti pupil mata membesar, penglihatan kabur, dan halusinasi. Selain itu, zat racun yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu sistem saraf, gangguan pernapasan, hingga keringat berlebih.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading