Nggak Perlu Mahal Bunda, 7 Tanaman Hias Cantik Instagramable

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
10 February 2021 13:14
Tanaman Kaktus (suju via Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias kini menjadi sangat populer dikalangan masyarakat di tengah pandemi. Warga banyak memburu tanaman hias untuk dirawat dan dikoleksi.

Akibat hal tersebut sejumlah tanaman hias pun harganya melonjak lantaran tingginya permintaan. Beberapa jenis monstera dan philodendron bahkan harganya menembus jutaan rupiah.


Namun, ada beberapa tanaman hias yang murah meriah namun tetap cantik. Tanaman hias tersebut tetap terlihat trendi, untuk pajangan di rumah ataupun media sosial seperti Instagram (IG).

Berikut beberapa di antaranya:

1. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman ini dikenal juga dengan sebutan Sansevieria. Beberapa orang bahkan menyebutnya dengan snake plant.

Bentuk tanaman hias ini hanya berupa daun panjang dan runcing dengan tekstur tebal dan keras. Ada yang berwarna hijau muda dengan perpaduan warna kuning dan ada juga yang berwarna hijau tua.

Tanaman lidah mertua dipercaya sebagai tanaman hias instagramable yang kaya manfaat. Selain menghasilkan banyak oksigen, ternyata lidah mertua bisa menyerap karbon monoksida dan karbon dioksida di dalam ruangan.

Dari penelusuran CNBC Indonesia di market place online, harga tanaman ini sangat ekonomis. Bibitnya hanya Rp 8.000. Bahkan tanaman yang sudah dipot harganya relatif murah dijual Rp 80.000.

Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)Foto: Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)
Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)

2. Kaktus

Tanaman hias ini sangat eksentrik. Kaktus identik dengan duri dan bentuknya yang imut.

Selain itu, perawatan kaktus juga sangat sederhana. Anda hanya perlu menyiramnya sesekali dan menjemurnya di luar rumah jika tanaman ini sudah mulai tampak kering.

Meski berduri, namun kaktus sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah. Dengan angle foto yang tepat, kaktus juga bisa jadi properti foto cantik di media sosial.

Di media sosial harganya masih dikisaran puluhan ribu rupiah.

3. ZZ Plant

Tanaman ini juga dikenal dengan tanaman Zanzibar Gem. ZZ memiliki banyak batang memanjang, dengan daun-daun yang rimbun di tiap batangnya.

Dilansir Bloomscape, tanaman hias ZZ dapat hidup dengan cahaya matahari langsung. Tapi, ia juga dapat mentolerir cahaya redup jika ditempatkan pada area yang kurang cerah untuk merawatnya.

Banyak orang meletakkan tanaman hias ZZ plant di rumah maupun kantor. Selain bentuknya indah dan tahan banting, tanaman hias ZZ plant diyakini bisa membawa keberuntungan.

Harga tanaman ini di market place mulai Rp 30.000 saja.

4. Sirih Gading

Pothos atau sirih gading adalah tanaman hias yang populer karena sifat yang tahan banting. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam berbagai kondisi cahaya, meskipun yang terbaik adalah menghindari sinar matahari langsung.

Tanaman ini akan tumbuh sempurna ketika tanahnya mengering di antara penyiraman. Warna daun sirih gading, perpaduan hijau putih, juga sangat cantik untuk jadi objek pajangan.

Di market place harga sirih gading sangat ekonomis. Anda bisa membeli dari harga Rp 20.000, tak sampai ratusan ribu.

5. Calathea

Calathea dikenal mampu tumbuh dan beradaptasi di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi. Tanaman ini juga memiliki khas corak garis berkelir merah muda menyerupai coretan lipstik.

Inilah yang, barangkali jadi salah satu daya tarik bagi sebagian penyuka tanaman hias. Meski ada yang mahal, namun beberapa jenis cukup murah. Di antaranya calathea bulu ayam yang harganya dimulai dari belasan ribu rupiah.

Tanaman Calathea Rattlesnake (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)Foto: Tanaman Calathea Rattlesnake (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)
Tanaman Calathea Rattlesnake (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)

6. Peperomia

Rumah Anda tidak terlalu luas dan sedikit mendapatkan sinar matahari? Jika iya, peperomia adalah pilihan bagus yang dapat bertahan dengan kedua faktor ini.

Tanaman ini memiliki berbagai warna dan bentuk, dan dapat bertahan berminggu-minggu tanpa air. Serta tumbuh dengan baik dalam cahaya sedang dengan naungan parsial.

Beberapa varian peperomia memiliki harga yang cukup ekonomis. Peperomia melon misalnya dijual hanya puluhan ribu rupiah.

PeperomiaFoto: Peperomia
Peperomia

7. Pakis

Jenis tanaman pakis yang bentuknya tidak biasa dan begitu instagramable. Tanaman tropis ini pun mudah dirawat.

Ada banyak variasi pakis, dan kebanyakan dari mereka tidak akan masuk dalam daftar tanaman hias yang paling mudah dirawat.

Pakis sarang burung, misalnya, membutuhkan penyiraman yang konsisten dan cahaya tidak langsung. Para ahli menyarankan untuk menyimpannya di kamar mandi, karena ia menyukai kelembapan.

Tanaman ini diramal sejumlah blog tanaman global akan menjadi tren di 2021. Saat ini di market place online RI, harganya mulai dari puluhan ribu rupiah saja.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading