Akibat Swab Anal, Warga China Dilaporkan Jalan Bak Pinguin?

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
04 February 2021 08:54
Pasien Jalan Ngangkang Seperti Penguin Disebut karena Anal Swab (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Berita heboh datang dari China. Sebuah video menjadi viral dan disebut sebagai kondisi pasca sejumlah warga di swab corona (Covid-19) lewat anal alias melalui anus atau dubur.

Tidak jelas kapan detil video tersebut muncul. Namun video, yang disertai dengan lagu tawa itu, dilaporkan menunjukkan orang-orang di Shijiazhuang berjalan dengan kaki kaku setelah diuji menggunakan usap anal.


Video itu pun telah ditonton jutaan kali di beberapa platform jejaring sosial China. Ini pun membuat pemerintah China bereaksi.

Melalui media pemerintah Global Times, otoritas lokal Shijiazhuang di Provinsi Hebei, China Utara mengatakan bahwa video tersebut berisi konten hoaks atau tidak benar.

Pusat Laporan Internet Shijiazhuang mengklaim video viral tersebut telah diverifikasi departemen kesehatan kota danrumah sakit setempat, yang ada dalam video. Mereka mengatakan video telah diedit dan diolah.

Pihak berwenang Shijiazhuang juga menegaskan spesimen yang dikumpulkan dari komunitas warga kebanyakan adalah usap oral atau hidung. Spesimen usap anal hanya diambil dari pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit yang menderita diare dan tes usap anal tidak menimbulkan rasa ketidaknyamanan.

Laporan media menunjukkan bahwa banyak kota lain di seluruh China telah menggunakan usapan anal untuk menguji kelompok-kelompok utama di pusat karantina. Ini dilaporkan sempat mengejutkan para netizen China.

Sebelumnya, banyak netizen mengaku telah diuji menggunakan metode tubuh bagian bawah mengatakan tidak ada ketidaknyamanan dari tes usap anal. Pakar kesehatan mencatat bahwa mengambil usapan anal dapat meningkatkan keakuratan tes untuk virus corona, tapi metode ini hanya digunakan dalam keadaan khusus.

Pusat pelaporan internet memperingatkan bahwa orang-orang yang menyebarkan desas-desus online mungkin bertanggung jawab secara hukum. Lembaga itu juga menekankan ke orang-orang agar mencari konfirmasi dari otoritas lokal tentang informasi yang belum diverifikasi.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading