Internasional

Duh! Jam Tangan Mewah Joe Biden Bikin Geger, Kok Bisa?

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
26 January 2021 16:03
Rolex Datejust. (Dok: Tokopedia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang Amerika dikenal sebagai orang yang selalu "memperhatikan" dan "kritis" tentang apapun yang dikenakan oleh presidennya. Mulai dari setelan jas, celana, hingga perhiasan.

Kali ini, warga Amerika sedang menyorot jam tangan yang dikenakan presiden Joe Biden. Pasalnya, di saat ia mengumbar soal prioritas pada produk asli AS, presiden yang dilantik 20 Januari itu justru mengenakan jam tangan asal luar Paman Sam.


Biden mengenakan jam Swiss, Rolex. Tak tanggung-tanggung harga jam Biden bernilai US$ 7.000 atau setara Rp 84 juta rupiah.

Melansir AFP, Rolex Datejust dibuat dari baja tahan karat. "Sangat berbeda dengan arloji Everyman yang dipakai secara mencolok oleh setiap presiden selain Trump dalam beberapa dekade terakhir," tulis The New York Times

Presiden baru ini tentu saja bukan yang pertama memakai Rolex. Ia berbagi preferensi soal Rolex dengan Dwight Eisenhower, Lyndon B. Johnson dan Ronald Reagan.

Tetapi sejak kepresidenan Bill Clinton, para pemimpin Amerika cenderung ke arloji yang lebih low-profile atau patriotik. Clinton memilih Timex Ironman sementara George W. Bush yang dikenal raja minyak Texas hanya mengenakan jam tangan Timex dengan harga kurang dari US$ 50 atau sekitar Rp 700 ribu.

Barack Obama, presiden pada masa Biden menjabat sebagai wakil presiden dari 2009 hingga 2017, mengenakan jam tangan Amerika seperti Shinola yang berbasis di Detroit, atau Jorg Grey dari California. Sementara itu pendahulu Biden Donald Trump sering mengenakan Patek Philippe "Golden Ellipse."

Penggemar Biden di Twitter menanggapi hal ini secara biasa saja. Mereka menyatakan tidak memperdulikan tentang apa yang dikenakan Presiden asal Delaware itu.

"Tidak kami tidak peduli jam tangan apa yang dikenakan Joe Biden, seperti kami tidak pernah peduli dengan setelan cokelat Obama." Cuit salah satu akun pendukung Biden.

Joe Biden berkantor di Gedung Putih. (AP/Alex Brandon)Foto: Joe Biden berkantor di Gedung Putih. (AP/Alex Brandon)
Joe Biden berkantor di Gedung Putih. (AP/Alex Brandon)


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading