Fauci: Pakai 2 Masker Sekaligus Lebih Efektif Cegah Corona

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
26 January 2021 15:22
Dr. Fauci

Jakarta, CNCB Indonesia - Ilmuwan terkemuka Amerika Serikat (AS), sekaligus Penasihat Gedung Putih, Anthony Fauci menegaskan bahwa memakai dua masker wajah sekaligus selama pandemi, bisa memberikan perlindungan lebih dari pada hanya memakai satu masker.

Melansir CNBC International, berbicara ke Today NBC, ia mengiyakan hal itu saat ditanyai wartawan. "Sepertinya begitu," katanya dikutip Selasa (26/1/2021).


Fauci menjelaskan bahwa masker adalah penutup fisik yang mampu mencegah tetesan (droplets) menyebar ke orang lain. Ini memberikan tingkat perlindungan bagi pemakainya.

"Jadi jika Anda memiliki penutup fisik (makser) dengan satu lapisan, (lalu) Anda memasang lapisan lain, itu masuk akal bahwa kemungkinan (perlindungan Anda) akan lebih efektif," kata Fauci.

"Itulah alasan mengapa Anda melihat orang memakai masker ganda atau melakukan versi N95," tegasnya lagi.

Pernyataan ini merujuk ke pelantikan Presiden AS Joe Biden 20 Oktober lalu, di mana sejumlah pesohor dan nama terkenal memakai dua masker. Saat itu, penyair muda Amanda Gorman dan calon menteri Perhubungan Biden, Pete Buttiigieg, memakai masker medis di balik masker kain yang mereka pakai.

Namun sayangnya, Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) belum merekomendasikan hal tersebut. Biden sendiri setelah sehari berkantor di Gedung Putih telah memerintahkan wajib masker ke warga AS.

Sebelumnya, peneliti mengatakan memakai dua masker sekaligus, seperti masker bedah dan kain akan memberikan perlindungan maksimal. Masker bedah akan memberikan filter ke virus sedangkan masker kain akan menjadi lapisan tambahan dan membantu kesesuaian, apalagi saat seseorang sulit menjaga jarak di suatu kesempatan.

Sementara itu WHO sendiri meminta masyarakat memakai masker tiga lapis. Penelitian telah menunjukkan bahwa masker kain berlapis-lapis dapat memblokir hingga 50% -70% tetesan dan partikel halus serta membatasi penyebaran Covid.

CDC AS sebelumnya juga merekomendasikan agar orang-orang memakai masker yang memiliki setidaknya dua lapisan kain katun tenun rapat, seperti kain quilting atau seprai katun. Sementara N95 tidak disarankan karena lebih untuk kepentingan petugas medis.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading