Viral Kisah Haru Jung In, Bayi yang Buat Jimin BTS Minta Maaf

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 January 2021 16:53
Jeongin, Bayi 16 Bulan Korban Kekerasan Ortu (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah kasus ramai jadi perbincangan di Korea Selatan (Korsel). Kasus tersebut juga menarik perhatian netizen global.

Ini terkait seorang anak perempuan bernama Jeongin/ Jung In, yang baru berusia 16 bulan. Ia meninggal dunia karena mengalami kekerasan oleh orang tua angkatnya.


Jung In pun trending di media sosial. Bahkan mengundang pesohor seperti Jimin BTS, meminta maaf atas kejadian tersebut.

Banyak orang yang prihatin lalu membagikan kisah Jeongin yang membuat pilu sekaligus meningkatkan kesadaran akan perlindungan anak. Publik kini menuntut orangtua angkat Jeongin untuk diproses secara hukum karena melakukan pembunuhan.

Bagaimana kasus ini bermula?

Dilansir berbagai dari Wolipop, Jung In mengalami penganiayaan sebulan setelah diadopsi. Bayi itu dikatakan meninggal setelah mengalami kekerasan selama 271 hari setelah diadopsi.

Kasus kekerasan yang dialaminya pertama kali terungkap oleh guru-guru di tempat penitipan anak. Ini setelah bayi tersebut sempat tidak mau menerima makanan apapun.

Tak lama kemudian Jung In dibawa ke rumah sakit. Anehnya, ini membuat orangtuanya marah. Saat diperiksa, ditemukan bahwa beberapa tulangnya retak. Termasuk bagian kepala.

Para guru sebelumnya juga sempat merekam bukti-bukti kekerasan pada tubuh bayi itu lalu melaporkannya ke polisi. Namun keduanya dipulangkan.

13 Oktober

Pada 13 Oktober malapetaka belum berhenti di hidup Jung In. Ia dibawa ke UGD dengan keadaan penuh darah karena pankreasnya diamputasi.

Bahkan beberapa organnya juga ditemukan rusak. Pakar yang melakukan otopsi terhadap tubuh Jung In dilaporkan terkejut soal ini.

"Bagaimana kamu bisa menjalani kehidupan menyedihkan setiap hari?" ujarnya melihat parahnya bekas-bekas kekerasan.

Jung In dikatakan bukan saja menunjukkan tanda-tanda kekerasan secara fisik tapi juga mental. Ia tak menunjukkan emosi sama sekali. Ia tak bias bertahan dan akhirnya meninggal.

Menarik Perhatian Global

Kasus Jung In pertama kali mendapat perhatian publik setelah dibahas oleh program televisi 'Unanswered Questions' yang tayang pada 2 Januari. Sejak semalam tanda pagar #SorryJungIn menjadi trending sebagai wujud keprihatian sekaligus permintaan maaf publik atas keadaan 

Hal ini semakin ramai diperbincangkan setelah sejumlah artis Korea ikut menunjukkan rasa sedihnya pada kasus tersebut, termasuk Jimin BTS. Fans internasional pun akhirnya membicarakan kasus ini hingga semakin viral.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading