Ingin Kamar Mandi Lebih Cantik? Coba Taruh Tanaman Hias Ini

Lifestyle - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 January 2021 20:45
Anggrek Bulan (Image by Dizzy Roseblade from Pixabay )

Jakarta, CNBC Indonesia - Ingin memperbarui suasana kamar mandi? Mungkin meletakkan tanaman hias bisa jadi jawabannya. Sebab tanaman-tanaman itu selain diletakkan di luar rumah juga cocok untuk menghiasi bagian dalam rumah.

Namun perlu dicatat, tidak semua tanaman hias bisa bertahan jika diletakkan di kamar mandi. Sebab ruangan tersebut punya suhu yang berubah, kelembapan dan juga sinar matahari yang terbatas.

Jika tertarik meletakkan tanaman hias di kamar mandi, berikut lima jenis tanaman yang cocok dikutip Hai Bunda, Sabtu (2/1/2021).


1. Bird's Nest Fan
Punya nama lain Pakis Sarang (Asplenium Nidus), tanaman ini memiliki daun yang mengkilap. Terdapat kerutan yang akan lebih terlihat tergantung jumlah paparan sinar matahari.

Jika kamar mandi memiliki banyak paparan cahaya matahari, daunnya akan jauh lebih keriput. Begitu pula sebaliknya, daun Pakis Sarang jadi lebih rata.

2. Anggrek Bulan
Anggrek jadi tanaman pilihan untuk diletakkan di dalam ruangan. Tanaman ini cukup mampu bertahan cukup lama jika dirawat dengan benar.

Anggrek Bulan punya nilai plus untuk diletakkan di kamar mandi karena punya kelembapan yang sedang. Tanaman hias ini punya tampilan beberapa watna seperti putih, ungu atau merah muda.

3. Calathea Freddie
Sebagian besar tanaman tersebut punya lingkungan yang lembap dan membutuhkan intensitas cahaya rendah.
Calathea Freddie juga bisa hidup dengan cahaya redup.

Itulah mengapa Calathea Freddie cocok untuk jadi pemanis di kamar mandi. Perawatannya juga tak rumit hanya butuh disiram air secukupnya.

4. Lidah Mertua
Dengan daun memanjang ke atas, Lidah Mertua juga cocok untuk diletakkan di kamar mandi. Sebab tanaman hias itu bisa bertahan hidup dalam ruangan lembap dan hanya perlu dirawat dengan sedikit air saja.

Selain itu lidah mertua juga diketahui bertugas sebagai penyaring udara kotor. Termasuk paparan formaldehida, bahan berbahaya yang kerap ditemukan di produk pembersih.

Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)Foto: Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)

5. Lidah Buaya
Lidah Buaya butuh hidup dengan paparan cahaya matahari yang tinggi. Jadi kalau kamar mandi memiliki jendela bisa ditambahkan tanaman hias ini.

Tanaman tersebut juga tak perlu disiram dengan air yang banyak. Selain untuk mempermanis tampilan kamar mandi, Lidah Buaya juga punya manfaat lain seperti menyembuhkan luka bakar ringan, mengurangi gatal serta menenangkan kulit yang iritasi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading