Vitamin Aja Gak Cukup, Ini 7 Cara Tingkatkan Imun Cegah Covid

Lifestyle - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
13 December 2020 08:50
Infografis/ Ayo Hifup Sehat Tanpa Narkoba/Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Sistem imunitas tubuh yang kuat menjadi salah satu kunci mencegah terinfeksi Covid-19. Memang, mengonsumsi suplemen dan vitamin bisa meningkatkan daya tubuh kita. Namun, itu saja tidak cukup, gaya hidup sehat sehari-hari juga menjadi penting dalam mencegah penularan virus Corona ini.

Sistem imun tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghadapi virus penyebab penyakit. Namun bila sistem imun lemah, tubuh akan sangat rentan terserang penyakit.


Dilansir dari Healthline, seperti dikutip dari detik.com, berikut tujuh cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh mencegah infeksi virus Corona:

1. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami. Faktanya, kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit.

Sebuah penelitian dalam jurnal yang diterbitkan National Library of Medicine, melakukan penelitian pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu dibandingkan mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam.

Bagi orang dewasa harus menargetkan untuk tidur selama 7 jam atau lebih setiap malam. Sementara remaja membutuhkan 8-10 jam dan anak-anak serta bayi membutuhkan waktu tidur hingga 14 jam.


2. Konsumsi Banyak Makanan Nabati
Mengonsumsi makanan nabati kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan patogen berbahaya. Antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan dengan melawan senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan saat menumpuk di tubuh dalam kadar tinggi.

Beberapa makanan nabati mengandung antioksidan, serat, dan vitamin C, yang semuanya dapat menurunkan kerentanan tubuh terhadap penyakit. Jenis makanan nabati yang baik dikonsumsi di antaranya buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.


3. Batasi Asupan Gula
Mengonsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit.

Membatasi asupan gula dapat mengurangi peradangan dan membantu penurunan berat badan, sehingga mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.


4. Rutin Berolahraga Ringan
Olahraga ringan dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan pergantian sel kekebalan yang sehat. Pilihan olahraga ringan yang baik seperti jogging, bersepeda, jalan kaki, berenang dan mendaki.


5. Tetap Terhidrasi
Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi, Anda harus minum cukup cairan setiap hari untuk membuat urin berwarna kuning pucat.

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambat kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, serta fungsi jantung dan ginjal . Komplikasi ini dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap penyakit.


6. Mengelola Tingkat Stres
Menghilangkan stres dan kecemasan adalah kunci sistem imun yang baik. Stres jangka panjang dapat meningkatkan peradangan, serta ketidakseimbangan fungsi sel kekebalan.

Kegiatan yang dapat membantu Anda mengelola stres termasuk meditasi, olahraga, menulis jurnal, atau yoga. Anda juga bisa berkonsultasi dengan menemui konselor atau terapis berlisensi.


7. Konsumsi Lemak Sehat
Mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit. Lemak sehat yang ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon, dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen dengan mengurangi peradangan.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading