Kuy! Intip 8 Bahan Pangan Sehat Penambah Stamina Kala Pandemi

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 November 2020 10:20
Workers pack avocados at a packaging warehouse of La Joya de los Magueyes plantation in Tancitaro, in Michoacan state, Mexico, January 28, 2017. REUTERS/Alan Ortega

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjaga stamina di tengah pandemiĀ Covid-19 adalah hal penting. Sebab, jika performa energi menurun bukan tidak mungkin Anda akan mudah terpapar virus corona baru penyebab Covid-19.

Ada baiknya Anda mengonsumsi bahan pangan penambah energi yang membuat tubuh kembali bertenaga. Sejatinya, setiap bahan pangan bisa menambah stamina, namun beberapa hanya memberikan stamina sesaat dan efek yang lama.

Berikut adalah bahan pangan penambah stamina yang teruji secara ilmiah dikutip Asia One.

Ikan

Ikan, terutama salmon, memiliki asam lemak omega-3 yang bagus untuk mengoptimalkan fungsi otak kita. Ikan dikenal dapat meningkatkan kekuatan otak dan memori kita.


Jadi cobalah makan ikan daripada daging lainnya saat makan siang untuk menjaga otak Anda tetap berenergi sepanjang hari.

Bluberi
Buah ini mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kehilangan memori jangka pendek dan koordinasi motorik dan bahkan mengurangi risiko kerusakan kognitif. Jika Anda ingin sesuatu yang lebih menyegarkan, cobalah di simpan dalam lemari es sebelum dikonsumsi.

Alpukat
Buah ini memiliki lemak tak jenuh sehat yang membantu meningkatkan aliran darah Anda, yang menjadi bahan bakar sel-sel otak Anda dan memberikan dorongan ekstra. Tambahkan ke salad Anda atau campur menjadi smoothie untuk memberi varian terbaik.

Dark chocolate

Dark chocolate mengandung antioksidan dan kafein yang pasti dapat memberikan energi yang dibutuhkan otak. Komponen ini juga dapat membantu Anda untuk fokus lebih baik.

Menurut sebuah studi tahun 2013 yang dipimpin oleh peneliti Harvard, partisipan yang minum dua cangkir coklat panas sehari selama 30 hari mengalami peningkatan aliran darah ke otak dan dalam tes memori kerja mereka.

Kenari

Kenari adalah sumber Vitamin E. Menurut sebuah penelitian dari University of California, Los Angeles, mengonsumsi kenari dapat bermanfaat bagi fungsi kognitif. Ini juga merupakan pengganti yang bagus jika Anda bukan penggemar ikan karena kenari juga mengandung asam lemak omega-3.

Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau tua mengandung Vitamin K, yang membantu menjaga kesehatan otak. Menurut penelitian dari Rush University Medical Center, Vitamin K dalam sayuran berdaun hijau kemungkinan dapat membantu memperlambat penurunan kognitif.

Telur
Kuning telur kaya akan asam lemak omega-3 DHA yang bagus untuk otak. Telur juga merupakan sumber kolin yang bagus. Kolin adalah vitamin yang hampir penting untuk perkembangan otak Anda dan dapat membantu meningkatkan daya ingat jangka pendek Anda. Mulailah hari Anda dengan benar dan nikmati telur untuk sarapan.

Pisang
Buah populer ini mengandung asam amino, yang membantu menjaga daya ingat dan meningkatkan mood kita. Buah berwarna kuning ini adalah sumber gula alami yang bisa memberikan energi. Selain itu, pisang juga kaya akan serat.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading