BTS Jawara, Ini Daftar 9 Grup K-Pop Paling Tajir

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 November 2020 19:15
BTS (Instagram/bts.bighitofficial)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dominasi musik K-Pop semakin melambung di kancah global. Maklum saja, industri ini memiliki kumpulan komunitas fans (fan-base) sangat kuat dengan loyalitas yang sangat tinggi.

Tidaklah heran bila penjualan album dan turnya pun laris manis di pasaran. Kendati demikian, tak semua idol K-pop menjadi magnet bagi agensi dan merek internasional.

Setidaknya, ada sembilan grup idol K-pop yang mampu mencapai puncak kejayaannya saat ini. Berikut daftar kesembilan grup penyanyi tersebut, seperti dilansir dari Koreaboo:


1. BTS

Seperti diketahui, BTS kini menjadi grup idol K-Pop yang sedang unggul. Grup asuhan Big Hit Entertainment itu juga selalu memuncaki, baik penjualan album maupun tangga lagu.

Belum lagi banyak kolaborasi dan endorsement yang membuat mereka tampak selalu sibuk meski pandemi menyerang. BTS beberapa waktu lalu juga baru menggelar konser online dan merilis film dokumenter. Ketujuh personelnya dikabarkan juga punya saham di agensi mereka.


2. Twice

Mereka adalah ratu K-Pop mulai dari tur, endorsement, hingga penjualan album. Twice dianggap memecahkan rekor sebagai grup wanita karena bisa mengalahkan grup pria yang biasanya lebih mendominasi dalam hal penjualan.


3. Blackpink

Meskipun penjualan musik mereka pada awalnya tidak mengesankan seperti grup lainnya, Blackpink berhasil melakukannya dengan baik untuk diri mereka sendiri dengan tur dan fokus global mereka.

Tapi sekarang mereka juga naik ke puncak tangga lagu penjualan, dengan album lengkap pertama mereka yang terjual lebih dari 1 juta kopi.


4. TVXQ

Mereka adalah salah satu legenda K-Pop, terutama di Jepang di mana mereka dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan lebih sedikit pertunjukan. Jepang adalah industri musik terbesar kedua setelah AS, jadi mereka melakukannya dengan cukup baik meskipun tidak sebesar di Korea seperti dulu.
Mereka masih grup idola paling populer di Korea di Jepang.


5. EXO

Penjualan musik mereka dan tur mereka berjalan dengan baik. Fleksibilitas mereka untuk pasar Korea dan Cina telah memberi mereka keunggulan. Plus, hampir setiap personelnya beraktivitas solo yang semakin menambah penghasilan mereka sebagai grup.


6. Seventeen

Beranggotakan 13 orang, Seventeen menjadi salah grup idola terbesar yang punya fan-base kuat dalam generasi K-Pop ketiga. Mereka pun sukses masuk di posisi enam sebagai grup K-Pop terkaya 2020.

Selain konser, album, dan endorsement, fokus mereka untuk menjangkau pasar Jepang juga cukup berhasil. Seventeen telah dua kali menjadi million seller (menjual sejuta album).


7. MAMAMOO

MAMAMOO kini menjadi sebagai salah satu grup wanita terlaris di Korea saat penjualan digital dan fisiknya digabungkan. Bila dihitung, aktivitas individu mereka, mulai dari endorsement hingga proyek solo, menghasilkan banyak uang.


8. Red Velvet

Red Velvet juga dianggap sukses menjangkau fans dan meraih banyak keuntungan tahun ini. Dikatakan jika Red Velvet menerima penghasilan dari tur konser dan penjualan album baik secara internasional maupun domestik.


9. GOT7

Karena tur besar-besaran, mereka dapat memperoleh penggemar di seluruh dunia, membangun basis penggemar internasional mereka. Kekayaannya digabungkan dengan penjualan album yang kuat membuat mereka menjadi grup yang serius dalam pendapatan.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading