K-Pop Saga

BLACKPINK Vs BTS, Siapa Unggul dalam Angka?

Lifestyle - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
01 July 2020 18:13
Blackpink. (Instagram @blackpinkofficial) Foto: Blackpink. (Instagram @blackpinkofficial)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dua grup idol Korea masih menjadi pembicaraan publik, BLACKPINK dan BTS. Tidak hanya penampilan yang selalu menjadi sorotan, tapi prestasi pun seperti kejar-kejaran.

Kedua grup favorit itu juga baru saja meluncurkan single terbaru dan langsung disambut positif oleh para penggemarnya. Seperti BTS, pada Januari lalu mengeluarkan album baru bertajuk Map of The Soul: 7.

Penjualan Map of the Soul: 7, BTS juga telah memecahkan rekor. Bahkan baru- baru ini, BTS juga baru saja merilis lagu spesial 'Stay Gold', dari Map of the Soul: 7. Album 'Map Of The Soul: 7' sebenarnya telah dirilis pada 21 Februari 2020.

Stay Gold dirilis pada hari Jumat 19 Juni 2020. Selain lagu yang bagus, video klip lagu Stay Gold juga jadi sorotan dan langsung menjadi trending.

Blackpink. (Instagram @blackpinkofficial)Foto: Blackpink. (Instagram @blackpinkofficial)



Lagu Stay Gold milik BTS ini juga menjadi lagu Jepang pertama setelah satu tahun mereka merilis lagu Lights di Juli 2019 silam. Perilisan lagu Stay Gold ini datang tepat ketika BTS membuat sejarah baru dalam penjualan terbanyak di industri musik Amerika Serikat.

Berdasarkan tangga musik Oricon Chart milik Jepang pada Kamis (12/4), BTS menduduki peringkat keseluruhan penjualan album untuk awal tahun 2020 setelah penjualan album Map of the Soul:7 terjual hingga 429.000 kopi, mengutip laporan dari Forbes.com.

Oricon juga menandai BTS sebagai artis asing pertama yang berhasil menduduki puncak tangga album di Jepang, setelah Michael Jackson dalam album ikoniknya Thriller di tahun 1984.

Konser BTS Secara VirtualFoto: Konser BTS Secara Virtual



Menurut rencana, album Map of the Soul: The Journey akan rilis di Jepang dan seluruh dunia pada 14 Juli mendatang dengan versi CD di Amerika Serikat pada 7 Agustus.

Tidak hanya itu, girlband K-Pop BLACKPINK kembali memecahkan rekor lewat lagu How You Like That. Sejak dirilis Jumat (26/6/2020) pukul 18.00 waktu Korea Selatan atau 16.00 WIB di YouTube, video mereka dilihat di 86,3 juta orang dalam 24 jam.

Angka tersebut mengalahkan kolaborasi single BTS bersama dengan penyanyi asal AS Halsey yang merupakan pemegang rekor sebelumnya. Single itu bertajuk Boy With Luv, yang ditonton sebanyak 74,6 juta kali dalam 24 jam pertama sejak diluncurkan.

Berikut rekor BLACKPINK:
-Video YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam pertama
-Video Musik Paling Banyak Dilihat di YouTube dalam 24 jam pertama
-Video MusikYouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam pertama oleh grup K-pop

YouTube juga mengkonfirmasi kepada Guinness World Records bahwa pemutaran perdana langsung 'How You Like That' mencapai 1,66 juta pemirsa serentak. Ini kemudian menetapkan dua rekor baru yakni:

- Penonton terbanyak untuk pemutaran perdana video di YouTube
- Penonton terbanyak untuk pemutaran perdana video musik di YouTube

Pencapaian ini membuat BLACKPINK menjadi video musik grup Korea tercepat yang mampu melampaui One Direction.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading