Bill Gates: 50% Perjalanan Bisnis Bakal Lenyap Usai Pandemi

Lifestyle - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
18 November 2020 20:15
Philanthropist and Co-Chairman of the Bill & Melinda Gates Foundation Bill Gates gestures as he speaks to the audience during the Global Fund to Fight AIDS event at the Lyon's congress hall, central France, Thursday, Oct. 10, 2019. French President Emmanuel Macron said the conference of the Global Fund to fight against AIDS, tuberculosis and malaria raised at least $13.92 billion for the next three years. (Ludovic Marin/Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates memperkirakan bahwa angka perjalanan dinas dan bisnis akan lenyap setelah pandemi. Asumsi ini berdasarkan kemudahan dengan adanya internet selama pandemi, sehingga memungkinkan manusia untuk tidak perlu bekerja di kantor lagi di masa mendatang.

Dilansir dari Business Insider, saat diwawancarai oleh Andrew Ross Sorkin di konferensi 'The New York Times Deal Book' pada Selasa (17//11/2020), Dia memprediksi bahwa 50% perjalanan dengan motif pekerjaan akan hilang.

"Prediksi saya adalah bahwa lebih dari 50% perjalanan bisnis dan lebih dari 30% hari kerja di kantor tidak akan terjadi lagi," kata Gates.


Menurutnya, jenis perjalanan bisnis di mana mengharuskan manusia untuk terbang ke suatu tempat dan duduk secara fisik di depan orang lain untuk mendiskusikan sesuatu secara langsung tidak akan menjadi "standar emas" lagi.

Ia pun memperkirakan sebagian besar perusahaan akan mempertimbangkan dengan serius untuk melakukan jenis perjalanan bisnis tersebut.

Dia menambahkan, ada kemungkinan bagi beberapa perusahaan untuk menghilangkan atau mengecilkan kapasitas kantornya.

Prediksi ini juga diamini para ahli industri, yang memperkirakan bahwa kemungkinan akan membutuhkan beberapa tahun untuk kembali ke tingkat sebelum pandemi.

Menurut penelitian Bank of America pada Oktober lalu, perjalanan korporat tidak mungkin pulih sampai "akhir 2023 atau 2024."


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading