Terungkap, Ini Kebiasaan Buruk Bill Gates Sebelum Sukses

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 March 2022 15:40
Bill Gates

Jakarta, CNBC Indonesia - Diam-diam, orang sukses seperti Bill Gates ternyata juga punya kebiasaan buruk. Gates mengatakan kepada mahasiswa di Fakultas Administrasi Bisnis Universitas Nebraska-Lincoln bahwa dia pernah menjadi seseorang yang sering menunda-nunda pekerjaan.

Kebiasaan buruk itu dia tunjukkan saat masih menjadi mahasiswa di Harvard University, di mana ia dropped out setelah kuliah dua tahun.

"Waktu itu saya tidak melakukan pekerjaan apa pun, saya bolos kuliah dan saya benar-benar tidak peduli," katanya kepada mahasiswa.


Tetapi pada menit-menit terakhir, terkadang hanya dua hari sebelum ujian, Gates akan serius dengan studinya dan dengan cepat mempersiapkan diri. Strategi ini seringkali berhasil dan membuat dia mendapat nilai yang bagus.

"Orang-orang berpikir itu lucu. Itu adalah posisi saya: orang yang tidak melakukan apa-apa sampai menit terakhir," kata ia.

Namun, Gates meninggalkan kebiasaan buruk itu ketika dia memasuki dunia bisnis. Meski demikian, ia mengakui bahwa tidak mudah meninggalkan kebiasaan yang telah bertahun-tahun ia jalani tersebut.

Co-founder Microsoft itu pun kembali membahas kebiasaan masa lalunya untuk menunda-nunda dalam posting Ask Me Anything Reddit 2016, ketika ditanya tentang ingatan terbaiknya di Harvard.

"Saya memutuskan bahwa saya ingin jadi orang yang berbeda, saya tidak pernah menghadiri kelas yang saya ikuti, tetapi justru selalu datang di kelas yang tidak saya ikuti," paparnya.

Dalam panel diskusi di Universitas Nebraska, Gates mengakui bahwa dia masuk ke dunia bisnis telah membuka matanya. "Tidak ada yang memuji saya karena saya sering melakukan sesuatu pada menit terakhir," katanya. Akibatnya, ia mencoba membalikkan kebiasaannya dengan menjadi orang yang selalu teratur dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Menurut Psychological Science, mengutip penelitian selama 20 tahun, menunda-nunda pekerjaan menyebabkan kualitas pekerjaan dan kebahagiaan seseorang terganggu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apakah Kaya Raya Bikin Hidup Bahagia? Begini Kata Bill Gates


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading