Gokil! Berlian dari Langit Siap Dijual, Berani Beli?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
02 November 2020 12:33
Sky Diamonds (Jeff Moore/SkyDiamond)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang multi jutawan Inggris dan ahli lingkungan telah mengklaim membuat berlian pertama dari 'langit'. Ia bernama Dale Vince, pendiri dan pemasok energi hijau Ecotricity.

Ia mengklaim telah mengembangkan satu-satunya berlian di dunia yang dibuat dari karbon dioksida, air, dan energi yang bersumber langsung dari elemen di fasilitas penambangan langit di kota Stroud, Inggris.




"Membuat berlian dari langit, dari udara yang kita hirup adalah ide magis dan menggugah. Ini alkimia modern. Kita tidak perlu menambang bumi untuk memiliki berlian, kita bisa menambang langit," kata Vince. Senin (2/11/2020).

Pengusaha energi bersih itu berharap dapat menantang industri penambangan berlian tradisional yang disebutnya menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada lingkungan.



"Berlian (ini) tanpa dampak pertama di dunia," ujarnya lagi seraya menyebut pembuatan berlian bisa membersihkan karbon dioksida langsung dari atmosfer.

Meskipun demikian, pemilik klub sepak bola vegan pertama Inggris Forest Green Rovers itu belum memutuskan berapa harga berlian yang ia produksi. Berlian itu sendiri sudah diakreditasi oleh Institut Gemologi Internasional.

Melalui Sky Diamonds, ia berharap bisa menghasilkan 200 karat berlian setiap bulan. Di 2021, ia menargetkan ada 1.000 yang dihasilkan.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading