Rekor! Berlian Merah Muda dari Rusia Terjual Rp 372 M!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 November 2020 19:10
A model displays an ultra-rare 14.83-carat diamond that is one of the largest internally flawless fancy vivid purple-pink gem ever graded by the Gemological Institute of America at a Sotheby's auction room in Hong Kong Monday, Oct. 12, 2020. The diamond will be offered for sale in Geneva on Nov. 11, 2020. (AP Photo/Vincent Yu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Berlian langka berwarna ungu-merah muda yang ditambang di Rusia berhasil dilelang. Tak tanggung-tanggung, berlian itu telah terjual di pelelangan Swiss seharga US$ 26,6 juta atau sekitar Rp 372,4 miliar (asumsi kurs Rp 14.000 per US$).

Berlian 14,8 karat itu dijuluki 'The Spirit of the Rose'. Ini adalah berlian yang terbesar dari jenisnya yang akan dilelang karena 99% dari semua berlian merah muda di bawah 10 karat, seperti dikutip dari BBC, Kamis (12/11/2020).

Ukuran dan warna serta struktur internalnya yang sempurna membuat daya tarik tersendiri. Tidaklah heran bila harga berlian ini dijual dengan harga tinggi di rumah lelang Sotheby's, Jenewa.


Kendati demikian, siapa nama pemenang lelang yang berhasil membeli berlian itu belum diumumkan kepada publik.

Itu adalah salah satu dari tiga batu dalam koleksi perusahaan pertambangan Rusia Alrosa dan semuanya dinamai penari balet Rusia yang terkenal.

'The Spirit of the Rose' ini dipotong dari berlian kasar yang ditemukan Rusia pada 2017. Berlian kasar itu disebut Nijinsky, untuk menghormati penari balet dan koreografer Rusia-Polandia.

Rekor harga saat ini untuk berlian merah muda dipegang oleh CTF Pink Star. Batu 59 karat itu dijual di lelang seharga US $ 71 juta di Sotheby's di Hong Kong pada April 2017.

Berikut adalah harga tertinggi dari pelelangan berlian lainnya, seperti dikutip dari BBC:


- Mei 2016
Sebuah berlian besar yang dikenal sebagai Oppenheimer Blue mencetak rekor lelang baru, mencapai harga US$ 50,6 juta.

Permata 14,62 karat itu terjual setelah 20 menit penawaran telepon di rumah lelang Christie di Jenewa. Namun, identitas pembeli tidak diketahui.


- November 2015
Blue Moon, berlian biru 12,03 karat yang dipasang di cincin, menarik perhatian taipan Hong Kong Joseph Lau, yang membayar rekor US$ 48,4 juta untuk batu berbentuk bantal itu. Dia membelinya untuk putrinya yang berusia tujuh tahun, menamainya "Blue Moon of Josephine" dengan namanya.


- Mei 2015
Seorang pembeli yang tidak disebutkan namanya membuat sejarah setelah membeli Ruby Sunrise, batu permata berwarna "darah merpati" 25,59 karat, seharga US$ 30 juta. Dengan harga itu, ia menjadi batu mulia termahal di dunia selain berlian.


- November 2013
Berlian oranye cerah terbesar di dunia, menurut Christie telah menarik harga tertinggi yang dibayarkan per karat untuk berlian apa pun di lelang, dijual seharga US$ 35 juta atau US$ 2,4 juta per karat.


- November 2010
The Graff Pink, batu 24,78 karat fancy intens pink yang digambarkan sebagai "salah satu berlian terbesar yang pernah ditemukan", dilelang seharga US$ 46,2 juta. Pada saat itu diyakini sebagai batu permata termahal yang dibeli di lelang dan dijual ke dealer terkenal Inggris Laurence Graff.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading