Terjual Rp 323 M, Berlian Ini Pecahkan Rekor di Lelang Online

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 October 2020 14:33
Berlian 102 Karat yang Dilelang Di Sotheby's (Tangkapan Layar Instagram @sothebys)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah berlian langka telah sukses membuat sejarah baru. Lewat lelang online, berlian itu berhasil terjual dengan harga US$ 21,8 juta atau setara Rp 322,6 miliar (asumsi kurs Rp 14.800 per US$).

Berlian itu memiliki kadar 102,39 karat dan berhasil terjual dalam lelang tanpa adanya penetapan harga minimum. Penawaran ini dibuka hanya dengan US$ 0,18 dan butuh lebih dari tiga minggu sebelum akhirnya terjual dengan harga tertinggi.

Dikutip dari 9news.com, berlian itu dikabarkan menarik banyak peminat atau kolektor karena peringkat 4C yang dipunyai oleh permata ini. Peringkat 4C merupakan sebuah metode untuk mengukur kualitas sebuah berlian dari sisi potongan, warna, kemurnian, dan berat karat.


Berlian itu diklasifikasikan sebagai D Color, yang merupakan peringkat kualitas tertinggi yang bisa didapatkan dari sebuah berlian putih atau dalam kata lain sempurna atau tanpa cacat.

Adapun berlian ini ditemukan pada 2018 di Ontario, Kanada, dan menerima tawaran tertinggi untuk sebuah permata online, hampir US$ 15,3 juta. Di akhir berlian ini berhasil didapatkan oleh seorang kolektor dari Jepang yang menamai permata ini sebagai 'Maiko Star'.

Dalam pernyataan pers yang dirilis menjelang pelelangan, ketua perhiasan Sotheby di seluruh dunia, Gary Schuler, mengatakan bahwa sangat sulit untuk melebih-lebihkan kelangkaan dan keindahan batu itu.

Meskipun acara lelang ini dilakukan secara online di tengah pandemi Covid-19, namun masih banyak kolektor maupun penggemar berlian yang antusias untuk bisa mendapatkan berlian langka ini.

"Permata luar biasa tidak memerlukan bantuan dari perkiraan atau cadangan pra-penjualan untuk mencapai harga yang pantas, hanya keinginan naluriah para kolektor untuk memiliki salah satu harta terbesar di dunia," kata ketua Sotheby Asia Patti Wong.

Satu-satunya berlian putih lain yang mendekati adalah berlian persegi panjang 163,41 karat, yang dijual seharga US$ 46,9 juta di Christie's di Jenewa.

Sementara, dua tahun sebelumnya berlian Blue Moon sebesar 12,03 karat juga dijual seharga US$ 48,4 juta, juga melalui Sotheby.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading