Gelang Berlian Marie-Antoinette Dilelang, Harga Mulai Rp 28 M

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 September 2021 14:45
Perhiasan Ratu Prancis, Marie-Antoinette dilelang. Mulai dari liontin, cincin, kalung, tiara, hingga bros. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Dua gelang Ratu Prancis Marie-Antoinette akan dilelang di Jenewa, Swiss, 9 November nanti. Gelang-gelang itu masing-masing dilapisi 112 berlian, dan diperkirakan dijual dengan harga mulai dari US$ 2 juta atau sekitar Rp 28 miliar.

Hal ini ditegaskan rumah lelang Christie, Rabu (8/9/2021). Perhiasan bersejarah ini diyakini akan mudah terjual dengan harga yang fantastis bahkan bisa menembus US$ 4 juta.


"Pasar untuk permata yang berasal dari bangsawan kinerjanya sangat baik," kata Divisi Mewah Christie Francoid Curiel, dikutip AFP.

Gelang ini disebut memiliki berlian antik. Ukurannya besar berkisar satu hingga empat karat.

Selain memiliki nilai intrinsik, pembeli juga bisa menggunakan perhiasan sang bangsawan yang ia dapatkan. Sehingga mendorong pembelian.

Ini bukan kali pertama perhiasan sang ratu malang itu dilelang. Di 2018, sebuah liontin mutiara daengan berlian alami juga dijual rumah lelang Sotheby seharga US$1-2 juta namun laku hingga US$ 36 juta.

Marie-Antoinette adalah ratu terakhir Prancis sebelum revolusi. Ia dipenggal di Paris Oktober 1793 pada usia 37 tahun.

Marie-Antoinette memesan gelang dari perhiasan Charles August Boehmer di Paris pada tahun 1776, dua tahun setelah dia naik takhta. Ia membayar 250.000 livre, jumlah yang sangat besar pada saat itu.

Sebelum mencoba melarikan diri dari Prancis bersama Raja Louis XVI dan anak-anak mereka, Marie-Antoinette terlebih dahulu memastikan perhiasannya dikirim ke luar negeri. Semuanya dikirim ke Brussel, Belgia sebelum menuju kampung halaman ratu di Austria.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading