Sadis! Total Harta Orang Terkaya Dunia Ludes Rp 206 T Sehari!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 October 2020 17:00
Deretan Orang Terkaya di Dunia 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketika kasus virus corona terus meningkat di seluruh Amerika Serikat maupun dunia, pasar saham juga ikut terpukul pada awal minggu ini.

Hal tersebut juga mengakibatkan 10 orang terkaya di AS secara kolektif kehilangan US$ 14 miliar ata sekitar Rp 205,8 triliun (asumsi kurs Rp 14.700 per US$) dalam satu hari, menurut laporan Forbes.

Pada hari Senin, Dow Jones Industrial Average turun 650 poin, S&P 500 turun 1,9%, dan Nasdaq Composite turun 1,6%.


Penurunan pasar terjadi karena AS melaporkan rekor lonjakan kasus Covid-19 di samping kurangnya rencana stimulus kedua menjelang laporan pendapatan mendatang dari perusahaan teknologi.

Kongres ditunda pada hari Selasa tanpa membuat kesepakatan, yang berarti pemeriksaan stimulus mungkin tidak akan dilakukan hingga Desember.

Menurut Forbes, kerugian satu hari terbesar diderita oleh Mark Zuckerberg, yang kekayaan bersihnya mencapai sekitar US$ 101,8 miliar setelah penutupan pasar Senin, setelah kehilangan US$ 2,8 miliar.

Kekayaan bersih Bill Gates juga terpukul US$ 1,7 miliar, tetapi raksasa teknologi itu masih memiliki kekayaan lebih dari US$ 115 miliar, menurut Forbes.

Miliarder terkenal lainnya dalam daftar 10 orang terkaya di Amerika termasuk CEO Tesla Elon Musk dan Warren Buffett. CEO Berkshire Hathaway itu kehilangan US$ 1,5 miliar pada hari Senin menurut Forbes.

Sementara itu, hanya ada satu wanita dalam daftar yang masuk 10 orang terkaya yakni pewaris Walmart Alice Walton, yang melihat kekayaannya mencapai US$ 635 miliar, menurut Forbes.

Di sisi lain, CEO Amazon Jeff Bezos benar-benar menambah kekayaannya pada hari Senin, dengan penutupan saham Amazon. Dia adalah satu-satunya miliuner dalam daftar yang kekayaannya terus meningkat.

Ini bukan pertama kalinya miliarder mengalami kerugian dalam semalam selama pandemi.

Pada 3 September, Dow turun 740 poin, setelah kekhawatiran akan valuasi perusahaan teknologi yang berlebihan menyebabkan berakhirnya reli 11 hari. Musk, Zuckerberg, dan Gates, 10 miliarder teknologi terkaya lainnya secara kolektif kehilangan US$ 44 miliar pada saat itu.


[Gambas:Video CNBC]

(wia/wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading