Saham Amazon Melonjak, Kekayaan Jeff Bezos Melesat

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 October 2020 15:50
FILE - In this Sept. 19, 2019 file photo, Amazon CEO Jeff Bezos speaks during his news conference at the National Press Club in Washington. On Monday, Feb. 4, 2020, Bezos asked a California court to dismiss a defamation lawsuit filed against him by his girlfriend's brother, Michael Sanchez. In Sanchez's lawsuit filed last week, the Hollywood talent manager alleges that Bezos and his security consultant Gavin de Becker falsely told reporters that Sanchez provided nude photos of Bezos to The National Enquirer.  (AP Photo/Pablo Martinez Monsivais, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lagi-lagi, orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, mengalami kenaikan jumlah kekayaan, bahkan kini kekayaannya telah melampaui US$ 200 miliar.

Bezos menjadi orang pertama yang memiliki kekayaan US$ 200 miliar pada bulan Agustus, tetapi segera jatuh di bawah target karena saham Amazon AMZN + 4,8% kembali turun.

Namun sekarang, dengan saham yang kian melonjak karena adanya program Prime Day, kekayaan Bezos sekali lagi melewati ambang US$ 200 miliar.


Melansir Forbes, pada hari Senin (12/10/2020), saham Amazon naik 4,75%. Ini mendorong kekayaan bersih Bezos naik US$ 8,5 miliar menjadi US$ 201,6 miliar.

Dengan lebih dari 11% saham dalam bisnis kapitalisasi pasar senilai US$ 1,7 triliun, bahkan pergerakan harga saham yang sederhana pun dapat menambah atau mengurangi miliaran dari kekayaannya.

Kegembiraan jelang acara Prime Day, acara khusus penjualan tahunan perusahaan, telah membuat saham sudah melonjak saat dunia karantina dan beralih ke belanja online selama pandemi.

Prime Day, yang akan berlangsung selama dua hari mulai hari ini, Selasa, 13 Oktober hingga 14 Oktober awalnya sempat ingin ditunda selama beberapa bulan ke depan karena adanya pandemi.

Kekayaan Bezos pada 1 Januari lalu baru mencapai sekitar US$ 115 miliar, namun kini terlihat kekayaannya sudah sangat besar hampir dua kali lipat.

Sahamnya di Amazon menghasilkan lebih dari 90% dari kekayaannya, tetapi dia juga memiliki Washington Post, perusahaan eksplorasi ruang angkasa Blue Origin dan sejumlah investasi swasta lainnya, termasuk properti di negara bagian Washington, California dan Washington, DC.

Harta Bezos ini hampir US$ 90 miliar lebih banyak daripada orang terkaya kedua di dunia, Bill Gates, yang saat ini memiliki kekayaan US$ 118 miliar.

Terlebih lagi, Bezos akan jauh lebih kaya dari angka US$ 200 miliar pada awal 2020 jika bukan karena perceraian paling mahal dalam sejarah. Pada Juli 2019, dia mengakhiri pernikahannya selama 25 tahun dengan MacKenzie Scott dan memberinya seperempat dari saham Amazonnya.

Dia sekarang memiliki sekitar 3,8% dari perusahaan. Scott hampir US$ 30 miliar lebih kaya daripada saat dia di awal tahun.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading