Lidah Buaya hingga Lidah Mertua, 7 Tanaman Hias Sedot Racun

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 October 2020 09:10
Bonsai dari jenis pohon kimeng atau Ficus microcarpa dari Taiwan ini disebut milik pedagang asal Jakarta Barat yang di jual seharga Rp 800 juta di gelaran pameran Flona 2019, Jakarta, Jumat (6/9). bonsai kimeng sebenarnya biasa dikategorikan di bawah kategori jenis bonsai beringin. Maka nama lengkap jenis yang satu ini sebenarnya adalah bonsai beringin kimeng. Sebagaimana tipe beringin pada umumnya yang dijadikan tanaman hias, maka untuk yang satu ini pun Anda akan menemukan tampilan yang memukau lengkap dengan rimbun daun berwarna hijau. Pohon Palem ini berbeda dengan palem botol pada umumnya karena memiliki cabang 4, menurut penjualnya tanaman ini susah ditemukan. Tanaman yang dinamakan Palem Botol Cabang ini dijual dengan harga Rp 150 juta. Bentuknya yang unik ini dapat menjadi perindang pekarangan anda yang luas.

Palem botol atau palmiste gargoulette adalah satu di antara jenis tanaman yang biasanya ditanam sebagai tanaman hias pekarangan rumah. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias memiliki tidak hanya berguna untuk mempercantik rumah. Beberapa bahkan sudah terkenal bermanfaat sebagai penyaring racun di udara.

Sebagaimana ditulis ScienceDaily, banyak tanaman hias yang mampu menyerap karbon dioksida. Tanaman-tanaman itu menyediakan oksigen lebih banyak sehingga udara rumah menjadi lebih sejuk.

Lalu apa sajakah mereka?



1.Lidah Buaya

Lidah buaya bisa membuat dapur lebih sehat. Karena ia bisa menyerap polusi udara dari proses memasak.

Tempatkan Lidah Buaya di dekat wastafel. Tanaman ini berkhasiat membersihkan udara dari formaldehyde dan benzol.

2.Lidah Mertua

Lidah Mertua sebenarnya memiliki manfaat. Salah satunya membuat udara tetap bersih.
Tapi tanaman ini termasuk 'beracun', meski tak terlalu tinggi. Lidah mertua bisa menyebabkan muntah dan diare.

Jadi hati-hati dan jauhkan dari anak-anak ya Bunda.

Lidah Buaya (Image by Stephanie Edwards from Pixabay)Foto: Lidah Buaya (Image by Stephanie Edwards from Pixabay)
Lidah Buaya (Image by Stephanie Edwards from Pixabay)



3.Anggrek Bulan

Anggrek Bulan selain mempercantik kamar, juga berfungsi membersihkan udara dengan mengeluarkan oksigen di malam hari.

Tanaman hias bunga ini juga termasuk tanaman hias kekinian karena bentuknya yang indah.

Anggrek Bulan (Image by Dizzy Roseblade from Pixabay )Foto: Anggrek Bulan (Image by Dizzy Roseblade from Pixabay )
Anggrek Bulan (Image by Dizzy Roseblade from Pixabay )



4.Peace Lily

Tanaman satu ini sangat bagus untuk membersihkan udara. Perawatannya juga tidak terlalu rumit.

Tanaman hias bunga yang terkenal mampu menghilangkan racun benzena dan formaldehida. Namun ia perlu cahaya dan kelembaban tinggi untuk tumbuh subur.

5.Palem Kuning

Palem Kuning, atau Areca Palm merupakan jenis tanaman hias indoor dengan pelepah daun cukup panjang dan menutupi batang yang beruas-ruas. Rata-rata tinggi pohon ini bisa mencapai 1-6 meter.

Pohon ini harus ditaruh di tempat yang lembab agar tidak rusak. Jenis palem ini mampu menyedot polutan yang berasal dari senyawa formaldehyde.

Bonsai dari jenis pohon kimeng atau Ficus microcarpa dari Taiwan ini disebut milik pedagang asal Jakarta Barat yang di jual seharga Rp 800 juta di gelaran pameran Flona 2019, Jakarta, Jumat (6/9). bonsai kimeng sebenarnya biasa dikategorikan di bawah kategori jenis bonsai beringin. Maka nama lengkap jenis yang satu ini sebenarnya adalah bonsai beringin kimeng. Sebagaimana tipe beringin pada umumnya yang dijadikan tanaman hias, maka untuk yang satu ini pun Anda akan menemukan tampilan yang memukau lengkap dengan rimbun daun berwarna hijau. Pohon Palem ini berbeda dengan palem botol pada umumnya karena memiliki cabang 4, menurut penjualnya tanaman ini susah ditemukan. Tanaman yang dinamakan Palem Botol Cabang ini dijual dengan harga Rp 150 juta. Bentuknya yang unik ini dapat menjadi perindang pekarangan anda yang luas.Palem botol atau palmiste gargoulette adalah satu di antara jenis tanaman yang biasanya ditanam sebagai tanaman hias pekarangan rumah. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: Tanaman (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Bonsai dari jenis pohon kimeng atau Ficus microcarpa dari Taiwan ini disebut milik pedagang asal Jakarta Barat yang di jual seharga Rp 800 juta di gelaran pameran Flona 2019, Jakarta, Jumat (6/9). bonsai kimeng sebenarnya biasa dikategorikan di bawah kategori jenis bonsai beringin. Maka nama lengkap jenis yang satu ini sebenarnya adalah bonsai beringin kimeng. Sebagaimana tipe beringin pada umumnya yang dijadikan tanaman hias, maka untuk yang satu ini pun Anda akan menemukan tampilan yang memukau lengkap dengan rimbun daun berwarna hijau. Pohon Palem ini berbeda dengan palem botol pada umumnya karena memiliki cabang 4, menurut penjualnya tanaman ini susah ditemukan. Tanaman yang dinamakan Palem Botol Cabang ini dijual dengan harga Rp 150 juta. Bentuknya yang unik ini dapat menjadi perindang pekarangan anda yang luas.Palem botol atau palmiste gargoulette adalah satu di antara jenis tanaman yang biasanya ditanam sebagai tanaman hias pekarangan rumah. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)



6.Palem Bambu

Tanaman hias ini memerlukan cahaya terang untuk tumbuh subur. Pohon ini tumbuh subur di area lembab, tapi jaga agar tidak terlalu banyak disirami air.

Meskipun berfungsi menyedot polutan, palem bambu mungkin mengundang laba-laba atau serangga. Untuk mengantisipasinya, semprotkan cairan pestisida.

7.Karet Hias

Karet Hias, atau Ficus Robusta (nama latin) adalah salah satu tanaman hias yang kegunaannya menyerap formaldehid dan menghasilkan oksigen.

Daunnya berwarna hijau muda, dan saat dipegang teksturnya kenyal. Oleh karena itu, pohon yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Rubber Plant.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading