Lifestyle

Viral Demo Mahasiswa Tolak Omnibus Law Pakai Lagu BTS, Bener?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
08 October 2020 16:43
Konser BTS Secara Virtual

Jakarta, CNBC Indonesia - Linimasa media sosial tengah dipenuhi oleh postingan aksi unjuk rasa mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia yang menolak UU Cipta Kerja (Ciptaker) Omnibus Law yang dinilai merugikan para pekerja buruh.

Namun ada yang unik dalam unjuk rasa yang terjadi di Padang, Sumatera Barat. Dalam postingan video TikTok, terlihat para mahasiswa justru asyik memutar lagu "Not Today" milik BTS sebagai penambah semangat mereka melakukan aksi unjuk rasa.




Rupanya aksi tersebut menjadi viral setelah diunggah oleh akun Twitter @kjtaekookk yang dikutip dari akun TikTok @armymerlina.

Dalam video terlihat ribuan mahasiswa dari berbagai kampus memadati area terbuka dan ketika lagu diputar semua mahasiswa langsung mengangkat tangannya seolah tengah menyaksikan konser.

"Aku bisa jadi Army (sebutan fans BTS) dari Bangtanku dan aku juga bisa jadi army (tentara) bagi negaraku. Yang bilang wanita lemah, tenggelamkan! Salam dari anak Padang dan Army Padang," tulis keterangan dalam video tersebut.



Namun rupanya video tersebut bukan berasal dari unjuk rasa yang dilakukan sekarang. Video TikTok tersebut merupakan video lama yang diedit sedemikian rupa menggunakan lagu "Not Today" milik BTS.

"Ini gak bener ya, demo ini yang tahun lalu," klarifikasi akun @moon_uci di Twitter. Ia mengaku mahasiswa asal Padang.

"Kalau tidak salah, itu sedang menyanyikan lagu Buruh Tani, habis itu maki-maki juga. Yang demo kemarin, kita gak bisa masuk ke dalam gedung DPR kayak gini (masuk dalam pagar), Kita cuma di jalanan, karena sekeliling gedung dipasang kawat berduri."


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading