Nadiem: Kini Makin Banyak Siswa Kangen Sama Guru

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 October 2020 10:29
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, meninjau langsung kondisi sekolah rusak karena angin dan hujan deras di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cirimekar 02, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/1/2020). Pantauan CNBC Indonesia nadiem berkeliling sekolah dan melihat secara langsung bangunan yang rusak. Ia juga menyapa murid-murid yang sedang belajar dalam tenda darurat yang sudah dikirim langsung dari kemendikbud. Nadiem mengaku senang mendengar semangat para siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar meski dalam kondisi memprihatinkan. Nadiem meminta agar para siswa bersabar menunggu bantuan dari Kemendikbud. Pada kesempatan nadiem terlihat memberi tas dan seperangkat alat sekolah kepada murid-murid. Seperti diketahui, atap sejumlah ruangan di sekolah tersebut ambruk setelah hujan deras mengguyur pada 31 Desember lalu. Ada lima ruang yang atapnya ambruk dihantam derasnya air hujan. Tiga ruang kelas, satu ruang guru, dan satu ruang komputer. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah hampir tujuh bulan anak-anak diminta belajar dari rumah secara online sebagai antisipasi penyebaran virus corona yang semakin merajalela.

Karena sudah lamanya para siswa ini belajar dari rumah dan tidak pernah bertemu langsung dengan guru dan teman-teman di sekolah, tampaknya para siswa sudah mulai bosan, terlihat dari banyaknya siswa yang mulai mengeluh.

Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Nadiem pun mengungkapkan bahwa saat ini banyak para siswa merasa rindu untuk kembali bersekolah dengan normal.


"Banyak yang bilang kangen sama guru. Dulu bahkan sebelum pandemi nggak pernah kita dengarkan hal ini. Tapi sekarang anak-anak bilang kangen teman dan kangen guru," tutur Nadiem beberapa waktu lalu di acara Tonight Show.

Menurut Nadiem, saat ini para siswa menyadari bahwa sekolah tidak hanya untuk belajar, namun juga menjadi tempat berinteraksi dengan teman-teman dan para guru.

Selain itu, Nadiem menyebut bahwa belajar dari rumah juga dapat menumbuhkan rasa empati, baik dari guru maupun orang tua. Dengan demikian, ini menjadi pembelajaran bersama bahwa mereka sama-sama memiliki peran penting dalam mendidik anak dan siswanya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading