Internasional

Malang Timpa Trump, Kekayaan Ludes Rp 8,8 T

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 September 2020 15:42
Donald Trump menjadi Thanos (Screenshot Twitter @TrumpWarRoom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak dimungkiri, ini merupakan tahun tersulit bagi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Selain dipusingkan dengan pandemi corona (Covid-19), kekayaan bersihnya pun ikut turun.

Dikutip dari Forbes, hartanya hilang sekitar US$ 600 juta (Rp 8,8 triliun) sejak September tahun lalu, menjadi $ 2,5 miliar (Rp 37 triliun). Ia kini menempati posisi 339 di The Forbes 400 atau turun 64 peringkat dari tahun lalu.


Virus corona, tidak hanya merusak jumlah pemilihnya di jajak pendapat presiden AS, tetapi juga industri tempat dia memegang aset terbesarnya. Nilai gedung perkantoran anjlok, sama halnya dengan hotel, terutama yang ada di kota besar.

Inti kekayaannya terikat pada setengah lusin bangunan di dalam dan sekitar tengah kota Manhattan di New York City. Pandemi telah menjungkirbalikkan kekayaannya, Trump juga memiliki lapangan golf dan kilang anggur yang turut terimbas.



Pria berusia 74 tahun bahkan pernah mencoba menjual hotelnya di Washington DC, tapi rencana itu kini tertahan. Perusahaan yang dimilikinya juga telah memangkas lebih dari 550 pegawai.

Sebelumnya kemarin Forbes kembali merilis daftar orang terkaya AS. Dalam laporan Forbes 400, bos Amazon Jeff Bezos kembali menduduki puncak daftar orang terkaya di negara itu.

Ia sudah berada di puncak 'tahta' tersebut selama tiga tahun berturut-turut. Kekayaan Bezos menjadi US$ 179 miliar pada 24 Juli, di mana ada kenaikan 57% dari tahun lalu.

Di posisi kedua ada Bill Gates. Kekayaan pria 64 tahun itu naik dan menjadi US$ 111 miliar. Peringkat ketiga, diikuti Mark Zuckerberg, di mana kekayaannya naik menjadi US$ 85 miliar.

Sementara itu, bapak investasi Warren Buffet bertengger di posisi ke-4. Meski begitu kekayaannya melorot dari tahun lalu, yakni menjadi US$ 73,5 miliar. Di posisi lima ada Larry Ellison, pendiri Oracle, di mana kekayaannya naik 35,4% menjadi US$ 72 miliar.

Mantan CEO Microsoft di 2000-2014, Steve Ballmer juga mencatat kenaikan kekayaan menjadi US$ 69 miliar dan bertengger di posisi ke-6. Sementara Elon Musk, bos Tesla, harus puas di posisi 7 dengan harta US$ 68 miliar.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading