Ini Obat Kuat Manusia Rp 3.000 T Jeff Bezos Dirikan Amazon

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 September 2020 16:46
Tennis - Wimbledon - All England Lawn Tennis and Croquet Club, London, Britain - July 14, 2019  Amazon CEO Jeff Bezos and his girlfriend TV presenter Lauren Sanchez in the Royal Box ahead of the final between Switzerland's Roger Federer and Serbia's Novak Djokovic  REUTERS/Andrew Couldridge

Jakarta, CNBC Indonesia - Berkat kesuksesan Amazon, CEO Jeff Bezos kini menjadi orang terkaya di dunia. Kekayaan dia kini mencapai US$ 207 miliar (Rp 3.056 triliun), menurut Bloomberg Billionaires Index.

Namun sebelum dia memulai Amazon, sebagai penjual buku online pada tahun 1994, Bezos berpikir kemungkinan besar bisnisnya akan gagal. Bahkan hingga 80%.



"Saya pikir ada 30% kemungkinan bahwa kami dapat membangun perusahaan yang sukses," kata Bezos kepada John Stofflet dalam sebuah wawancara untuk KING-TV "Evening Magazine" pada tahun 2000.

"Saya tidak pernah berpikir kami akan membangun seperti apa Amazon, dan saya yang paling terkejut di planet ini."


Jeff Bezos (Courtesy CNBC)Foto: Jeff Bezos (Courtesy CNBC)
Jeff Bezos (Courtesy CNBC)



Meski begitu, Bezos memberi tahu orang tuanya dan meminjam US$ 245.573 untuk membantu membangun bisnis pada tahun 1995. Bezos memberitahu bahwa sangat mungkin mereka akan kehilangan seluruh investasi mereka di perusahaan.

Namun semuanya sekarang jelas bagi Bezos. Ia telah berhasil dan saham Amazon telah go public sejak tahun 1997 dan hari ini, perusahaan itu memiliki kapitalisasi pasar sekitar US$ 1,7 triliun.

Kesuksesan bagi Bezos tidak datang dengan sendirinya. Kegagalan demi kegagalan pun acap kali ia alami.

"Sembilan dari sepuluh, Anda akan gagal. Tapi sesekali, Anda akan mencapai home run yang dalam istilah bisnis lebih seperti seribu lari. Diberikan peluang sepuluh persen untuk mendapatkan hasil seratus kali lipat, Anda harus mengambil taruhan itu setiap saat," kata Bezos.

Jeff Bezos (Courtesy CNBC)Foto: Jeff Bezos (Courtesy CNBC)
Jeff Bezos (Courtesy CNBC)



Dia pun memiliki beberapa tips yang bisa ditiru. Berikut paparannya dilansir CNBC:

Tidak takut gagal

Baginya, menjadi seorang pebisnis tidak boleh takut gagal. Pebisnis harus berani mengambil resiko yang ada dan cepat dalam memikirkan cara terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Memiliki visi dan misi yang kuat

Untuk menjadi pebisnis yang sukses, Anda harus memiliki hasrat, misi dan visi yang kuat. Karena misi, visi dan hasrat yang kuat akan memotivasi Anda untuk berusaha menjadi pebisnis yang sukses.

Pemikiran fleksibel

Para pebisnis memiliki pemikiran yang fleksibel. Pebisnis yang sukses bagi Bezos adalah orang yang mampu mendengarkan segala kritik yang ada dan mampu serta mau untuk merubahnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Caci Maki Memanas, Bos Amazon Bodo Amat Kehilangan Pelanggan


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading