Airlangga, Doni Munardo, Kampanyekan Pakai Masker di GBK

Lifestyle - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
30 August 2020 09:52
Harga Masker Melonjak Tajam Karena Virus Corona. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin kampanye pakai masker di komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Minggu (30/8/30) pagi. Ajang ini merupakan rangkaian upaya penanganan Covid-19, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kampanye ini bertema 'Jangan Kendor! Disiplin Pakai Masker'. Diharapkan ada peningkatan kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker melalui gerakan membagi dan mengajak memakai masker.

"Kampanye penggunaan masker secara masif dilakukan untuk mendorong kepatuhan masyarakat dalam memakai masker," tutur Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Kampanye Penggunaan Masker ini, pada hari Minggu (30/8/20), di Jakarta.


Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), menilai, menggunakan masker adalah cara yang sederhana dan paling efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

"Dengan menggunakan masker, jika seseorang telah menjadi carrier Covid-19, maka dapat mencegah agar tidak menulari orang lain. Jika seseorang bukan carrier, akan terlindungi agar tidak tertular Covid-19. Maka, tepat sekali dengan slogan: Maskermu melindungi aku dan Maskerku melindungi kamu," lanjut Airlangga.

Airlangga berharap, upaya terpenting dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 adalah kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker. Melalui kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat.

Menurutnya, bangkitnya ekonomi nasional di masa pandemi ini dimulai dari kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker.

"Meningkatnya kepatuhan masyarakat menggunakan masker sejalan dengan upaya untuk membangun rasa aman bagi masyarakat. Hal ini merupakan kunci utama dalam upaya pemulihan ekonomi nasional kita," ujar Airlangga.

Airlangga berpesan supaya masyarakat membiasakan disiplin menggunakan masker, dimulai dari diri sendiri. Mulai dari disiplin diri masing-masing, keluarga, lingkungan dan masyarakat luas. Pada akhirnya akan terbangun budaya penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19, sebagai kunci utama pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi ini.

Karena itu, tidak bosan Airlangga mengajak masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Dimulai dengan meningkatkan kedisiplinan dalam menggunakan masker, sebagai kunci awal pencegahan penularan Covid-19.

"Ayo pakai masker, jangan kendor! Disiplin pakai masker! Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit!" serunya.

Gerakan Kampanye Masker Nasional ini digawangi oleh Komite PC-PEN yang diketuai Menko Airlangga Hartarto dibantu oleh Kemenko Perekonomian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan BNPB. Sebanyak 22.500 masker dari Kemenko Perekonomian dan 20.000 masker dari Kementerian Kesehatan dibagikan kepada masyarakat umum yang sedang beraktivitas olahraga di Kawasan GBK dan yang hadir pada acara tersebut.

Ke depan, selain kampanye Menggunakan Masker, Pemerintah juga akan menggaungkan Gerakan 3M lainnya yaitu Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Munardo.

Doni mengaku, gerakan serupa sebenarnya sudah gencar dilakukan di berbagai daerah. Tak hanya oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah juga giat mengkampanyekan pakai masker.

"Mendagri dalam kunjungan ke berbagai provinsi sudah mendapatkan laporan bahwa kabupaten/kota yang telah membagikan masker jumlahnya cukup banyak. Ada kabupaten kota dengan penduduk 1 juta tetapi telah membagikan dua kali lebih banyak dari jumlah penduduk," kata Doni Munardo.

"Kalau kita hitung secara nasional, jumlah masker yang dibutuhkan kepada masyarakat sudah cukup terutama di daerah-daerah yang potensi penularannya sangat tinggi," lanjut Doni.




[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading