Jokowi Gowes Pakai 'Brompton' Rasa Lokal, Berapa Harganya?

Lifestyle - Rahajeng Kusumo Astuti, CNBC Indonesia
16 August 2020 12:59
Sepeda Kreuz

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan di beberapa daerah, kegiatan bersepeda menjadi diminati. Permintaan sepeda pun meningkat dalam beberapa waktu belakangan, baik untuk kegiatan olahraga maupun sarana transportasi alternatif di tengah pandemi.

Salah satu yang kini tengah naik daun yakni Kreuz, produsen sepeda asli Bandung, Jawa Barat, yang dikatakan sebagai "Brompton" buatan Indonesia.

Founder Kreuz Pannier, Yudi Yudiantara, mengatakan pada awal pembuatan prototipenya dilakukan dengan metode amati, tiru, dan modifikasi dari model yang sudah ada selama tiga bulan. Awalnya Yudi dan rekannya hanya membuat display produk, namun ternyata menarik minat komunitas sepeda di Solo dan Purwokerto.


"Ternyata setelah test drive mereka banyak yag pada minta begitu di tes handling dan geometris dan wheel basenya nyaman seperti Brompton. Mereka menganjurkan kenapa tidak diporduksi, karena cukup murah buat masyarakat menengah," kata Yudi beberapa waktu lalu kepada CNBC Indonesia.

Yudi mengatakan untuk satu frame set sepeda dijual seharga Rp 3,5 juta, namun untuk menjadi full sepeda dapat mengikuti selera konsumen. Dia mengatakan untuk full bike yang biasa dipesan masyarakat harganya bisa dikisaran Rp 10 juta-25 juta per sepeda.

Saat ini sepeda Kreuz 70% partisinya dibuat sendiri dan 30% masih ada yang harus impor dan mengambil dari pasaran. Pada kondisi saat ini, Yudi mengakui ada kenaikan harga yang cukup tinggi untuk partisi yang tidak dapat diproduksi sendiri.

"Misalnya ban, ada kenaikan 200-300%, karena menjualnya frame set kami serahkan ke konsumen. Kalau mau partisi yang murah ada juga, kalau mau yang mahal juga ada, karena sekrarang sangat tinggi harganya," katanya.

Kehadiran Kreuz pun menarik perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang nampaknya tidak mau ketinggalan dengan tren bersepeda di kalangan masyarakat Indonesia.

Pada hari ini, Minggu (16/8/2020), Jokowi mengunggah sebuah foto dirinya tengah berpose bersama sepeda yang didominasi warna merah dan putih. Foto tersebut diposting di akun Instagram resmi kepala negara, @jokowi.

[Gambas:Instagram]




Namun, sepeda yang diunggah Jokowi bukanlah sepeda Brompton yang saat ini tengah naik daun di kalanagan anak muda. Sepeda yang diposting Jokowi merupakan hasil karya anak bangsa.

"Hidup sehat dan berolahraga di era pandemi sangat penting, agar imunitas tubuh terjaga. Saya rutin bersepeda untuk menjaga kebugaran," kata Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading