Bukan Jack Ma! Ini Orang Terkaya Asia, Hartanya Tembus Langit

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 June 2020 12:50
Infografis/Tak Kenal Lelah! Orang Terkaya di Asia Kumpulkan Rp 308 T dalam 305 Hari/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Harta kekayaan Mukesh Ambani kini semakin meningkat. Kendati dunia tengah gonjang-ganjing akibat pandemi corona Bos dari Reliance Group itu, 

telah menggeser pendiri Alibaba Jack Ma dan CEO Tencent Ma Huateng.

Saat ini, Mukesh Ambani menduduki posisi orang terkaya di Asia. Bahkan ia menjadi satu-satunya orang Asia yang bisa masuk dalam klub daftar 10 orang terkaya di dunia.



Pria berusia 42 tahun itu berhasil mengumpulkan dana US$15,2 miliar dalam 11 kesepakatan dalam dua bulan melalui startup yang baru didirikannya tahun 2019 bernama Jio Platform. Ini hal yang luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Bahkan ia mengumpulkan dana ini ketika pandemi virus Corona Covid-19 melanda dunia dan India alami lockdown. Secara keseluruhan Jio Platform mengumpulkan dana sebesar US$22 miliar dalam 10 bulan dari menjual 25% saham Jio Platform. Ini membuat kekayaan Mukesh Ambani meningkat tajam menjadi US$64,1 miliar.

"Reliance Group tampaknya memiliki seorang ahli dealmaker lebih baik dari yang lain," ujar Sanchit Vir Goria CEO of digital advisory Greyhound Research, seperti dikutip dari Forbes, Kamis (25/6/2020). "Sulit menemukan orang yang bisa menandingi hal ini di dunia."

Mukesh Ambani merupakan miliuner India yang sedang berusaha mengubah fokus bisnis konglomerasinya dai petrokomia, tekstil dan minyak ke sektor teknologi, telekomunikasi dan ritel.

Mukesh Ambani berambisi menjadikan Jio Platform sebagai raksasa teknologi dengan ekosistem yang telah dimiliki Reliance Group. Jio Platform memiliki anak usaha di sektor telekomunikasi yang memiliki lebih dari 388 juta pelanggan. Anak usaha ini kini menjadi operator nomor satu di India dan terbesar ketiga di dunia.

Pada Januari 2020 lalu, Jio Platform meluncurkan JioMart, platform pengiriman makanan sehari-hari bagi pelanggan di India. Platform ini didukung oleh Reliance Ritail, anak perusahaan Reliance dengan 12.000 jaringan toko di lebih dari 6.600 kota di seluruh India. Jio Platforms juga mengumumkan bahwa pelanggan dapat memesan bahan makanan melalui layanan pesan WhatsApp milik Facebook.




Jio Platforms menyebut akan mengandalkan keberhasilan dari serangkaian aplikasi seluler milik perusahaan, termasuk layanan streaming musik JioSaavn, mata uang digital JioMoney, dan platform konferensi video JioMeet. Jio Platform disebut berpotensi membuka pasar yang berkapasitas US$2 triliun dalam lima tahun ke depan, menurut lembaga riset Bernstein.

Mukesh Ambani dikabarkan akan mendorong Jio Platform melantai di bursa saham atau initial public offering (IPO) dalam 12 hingga 24 bulan ke depan. Startup ini berpotensi mengumpulkan dana US$100 miliar dari investor pasar modal dari aksi korporasi ini.

Saksikan video terkait di bawah ini:

Koin Emas Elton John Dilelang Senilai Rp 1,1 Miliar


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading