Daftar 10 Keluarga Terkaya Asia di 2022, Ada dari RI?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
13 May 2022 13:55
Mukesh Ambani. AP/ Foto: Mukesh Ambani. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki keluarga yang hartanya tidak habis tujuh turunan mungkin hanya bisa dirasakan segelintir orang. Kekayaan keluarga superkaya ini umumnya didapatkan dari deretan bisnis yang sudah turun temurun dari generasi ke generasi diberbagai bidang seperti energi, teknologi, maupun perbankan.

Tahun ini ada beberapa daftar keluarga yang tercatat sebagai terkaya se-Asia. Mereka tersebar di sejumlah negara, mulai dari India, Korea Selatan (Korsel), Hong Kong, Thailand hingga Indonesia.

Melansir Bloomberg, keluarga paling kaya di Asia pada 2022 adalah keluarga Ambani dari India. Ini bukanlah hal yang mengherankan. Mukesh Ambani, saat ini adalah orang terkaya di Asia.


Mereka memiliki kekayaan hingga US$ 90,3 miliar atau sekitar Rp 1.295 triliun (kurs Rp 14.341/US$). Sumber kekayaan keluarga Ambani berasal dari Reliance Industries. Perusahaan ini bergerak di bidang minyak dan gas.

Menempati urutan kedua dengan kekayaan sebesar US$ 36,3 miliar adalah keluarga Hartono dari Indonesia. Awalnya Michael dan Budi Hartono mewarisi perusahaan rokok ternama di Indonesia, Djarum, dari sang ayah. Dari sana kedua bersaudara ini memimpin sebagai orang terkaya di Tanah Air.

Mereka juga berinvestasi di Bank Central Asia (BCA). Keduanya melakukan hal serupa di bisnis real estate.

Di posisi ketiga ada keluarga Mistry dari India, pemilik Shapoorji Pallonji Group. Keluarga ini memulai bisnis sejak 1985. Saat itu sang leluhur Pallonji Mistry memulai bisnis konstruksi bekerja sama dengan seorang warga Inggris.

Hingga kini bisnis keluarga itu terus berkembang, termasuk di bidang engineering dan konstruksi. Keluarga Mistry memiliki sejumlah bangunan di Mumbai, termasuk gedung Reserve Bank of India.

Setidaknya ada 10 keluarga terkaya di Asia saat ini. Mereka antara lain:

1. Keluarga Ambani (US$ 90,3 miliar)

2. Keluarga Hartono (US$ 36,3 miliar)

3. Keluarga Mistry (US$ 34 miliar)

4. Keluarga Kwok( US$ 34 miliar)

5. Keluarga Chearavanont (US$ 30 miliar)

6. Keluarga Tsai (US$ 28,6 miliar)

7. Keluarga Cheng (US$ 23,1 miliar)

8. Keluarga Pao/Woo (US$ 23 miliar)

9. Keluarga Lee (US$ 20,6 miliar)

10. Keluarga Yoovidhya (US$ 19,6 miliar)


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Orang Terkaya Dunia No.5, Kenapa Warren Buffett Hidup Hemat?


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading