Andre-Sule Bersaing, Cuan Siapa Lebih Besar dari Youtube?

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
27 June 2020 11:44
Komedian Sule, Andre Taulany dan Nunung Srimulat kembali berkumpul. Ketiganya akan mengawal sebuah acara variety show di  Trans TV bertajuk

Jakarta, CNBC Indonesia - Fenomena artis YouTube atau YouTuber sedang ramai menjadi bahan perbincangan. Sebab, menekuni profesi itu bukan hanya membuat orang-orang menjadi terkenal atau makin, tapi juga menjadikan beberapa dari mereka kaya raya.

Oleh karenanya, tidak mengherankan jika semakin banyak orang-orang yang ingin terjun ke platform berbagi video tersebut, meski seorang publik figur sekalipun. Seperti halnya komedian Andre Taulany (Andre) dan Entis Sutisna (Sule).

Bahkan, demi mengembangkan akun atau channel YouTube masing-masing, kedua komedian yang sering satu panggung itu kini telah 'bersaing' dengan membuat tayangan sendiri-sendiri.


Lalu, siapakah di antara keduanya yang lebih populer dan meraup banyak pundi-pundi dari media sosial buatan tiga mantan karyawan perusahaan e-commerce Amerika PayPal pada 2005 itu?

Mengutip data di situs pelacak Socialblade, baik akun Andre (Taulany TV) maupun akun Sule (Sule Channel), keduanya sama-sama populer dengan jumlah pelanggan (subscribers) mencapai jutaan orang.

Dari data, diketahui bahwa Taulany TV yang dibuat pada 20 November 2018 memiliki 3,67 juta subscribers per Jumat (26/6/2020). Sementara per waktu yang sama sejak dibuat pada 11 April 2015, Sule telah memiliki 4,88 juta subscribers.

Sementara dari total banyaknya video yang diunggah (upload) ke YouTube masing-masing, diketahui Andre sudah mengunggah 278 postingan dan sule sebanyak 1.507 uploads.

Namun demikian, meski video yang diunggah Sule jauh lebih banyak, total tonton video keduanya tidak jauh berbeda sejak masing-masing dari mereka membuat akun. Video-video Sule telah ditonton sebanyak 540.715.620 kali sementara video Andre telah ditonton sebanyak 416.506.616 kali.

Dari segi penghasilan, keduanya sama-sama meraup banyak, yaitu mencapai hingga ratusan juta rupiah. Menurut situs itu, dari hasil posting video di YouTube, diperkirakan pendapat Sule mencapai sebanyak US$ 446 - US$ 7,1 ribu atau sekitar RP 6,6 juta sampai RP 106,5 juta dari setiap video yang di tonton.

Di sisi lain, Andre diperkirakan memperoleh sebanyak US$ 802 - US$ 12,8 ribu atau sekitar RP 12 juta sampai RP 192 juta dari setiap video yang ditonton. Angka perkiraan pendapatan keduanya dihitung menggunakan estimasi kurs RP 15.000 per dolar.


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading