Internasional

Begini Cara Putin Biar Tak Tertular Covid-19

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
19 June 2020 11:05
Russian President Vladimir Putin chairs a meeting of the Presidential Council for Strategic Development and National Projects in the Kremlin in Moscow, Russia, Wednesday, Dec. 25, 2019. (Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Rusia Vladimir Putin kini memiliki bilik disinfektan yang dipasang di salah satu tempat tinggal resminya. Bilik ini digunakan untuk melindungi Putin dari virus corona (COVID-19), menurut laporan kantor berita Rusia RIA Novosti, dikutip Jumat (19/6/2020).

Bilik khusus tersebut dipasang di kediaman favorit Putin di Novo-Ogaryovo, yang berada di pinggiran kota Moskow. Siapa pun yang memasuki kediaman tersebut harus melewati bilik yang berisi semprotan halus larutan disinfektan.




Putin sempat mengasingkan diri di kediamannya ini pada April lalu, setelah beberapa pejabat yang bekerja di dekatnya positif COVID-19. Salah satunya Perdana Menteri Mikhail Mishustin dan juru bicara Dmitry Peskov.

Selain itu, menurut Peskov, siapa pun yang bertemu dengan Putin harus mengikuti tes COVID-19 terlebih dahulu. Ini jadi salah satu cara presiden itu mengamankan dirinya dari potensi terinfeksi penyakit yang pertama mewabah di Wuhan, China ini.

Sementara itu, berdasarkan data Worldometers, Rusia memiliki jumlah kasus virus corona tertinggi ketiga di dunia, dengan 561.091 kasus yang dilaporkan. Namun, jumlah kematiannya rendah, dengan 7.660 kasus kematian.


Meskipun tingkat kasus harian baru tetap tinggi, aturan penguncian wilayah (lockdown) yang diterapkan sejak Maret telah dicabut di Moskow. Pencabutan ini dilakukan menjelang peristiwa politik utama, yakni Parade Hari Kemenangan Moskow atau pameran tahunan perangkat keras militer Rusia pada 24 Juni serta referendum bersejarah mengenai perubahan konstitusi pada 1 Juli.

Peskov mengatakan kepada CNBC Internasional bahwa pencabutan pembatasan adalah tepat mengingat penurunan tingkat infeksi baru. Ia menegaskan jumlah infeksi berkurang dari hari ke hari meskipun lambat.

"Sekarang kita dapat yakin bahwa kita memiliki sejumlah besar tempat tidur, sejumlah besar ventilator, dan semua bahan pelindung yang dibutuhkan, jadi kita siap untuk setiap perkembangan dalam hal pandemi," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading