Harga Masker Kian Murah di Pasar Online, Syukur deh!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 May 2020 09:11
Pengunjung mengugunakan transportasi KRL di Stasiun Tujuan Bogor-Jakarta Kota, Kamis,12/3/2020. Paparan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait risiko penyebaran virus corona yang menyebabkan Covid-19 via transportasi salah satunya KRL commuterline rute Bogor-Depok-Jakarta Kota berisiko tinggi menjadi area penyebaran virus corona terbesar. Beberapa penumpang juga menggunakan masker guna antisipasi penyebaran virus. Pantauan CNBC Indonesia Penumpang yang telah menumpuk mulai berjalan merangsek mendekati arah datangnya kereta. Jam-jam sibuk kendaraan umum dimana banyak para pekerja yang memulai aktivitasnya sehingga terlihat tidak ada tempat untuk bergerak.   (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Awal penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia membuat permintaan masker kian melonjak. Tak heran, masker pun sekejap jadi barang langka dan harga yang dijual mencapai Rp 340.000 hingga Rp 1,5 juta rupiah untuk lusinan.

Namun, baru-baru ini masker sudah bukan lagi suatu barang yang langka. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah banyak yang memproduksi masker secara mandiri.

Selain itu pabrikan farmasi juga kian menambah produksi masker dengan mendatangkan bahan baku dari luar. Pemerintah juga mulai menahan ekspor masker demi stok dalam negeri.

Turunnya harga masker bisa dilihat dari aksi pedagang online atau e-Commerce yang menawarkan masker dengan harga normal. Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia, beberapa e-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee juga menjual masker dengan harga terjangkau.


Di Bukalapak, masker jenis kain dibanderol mulai dari Rp 3.000 untuk satuan hingga Rp 19.000 untuk satu lusin. Masker kain dianggap memiliki fungsi dan efektifitas yang tidak kalah bagus dari masker lainnya untuk menghalau virus corona.

Sedangkan di Bukalapak, salah satu pelapak menjualnya di harga Rp 2.000 untuk harga masker kain. Bila ditelusuri secara keseluruhan masker yang dijual tidak lebih dari Rp 10.000.

Sementara di Shopee, beberapa penjual membanderol masker kain dari Rp 1.000 untuk satuannya. Sedangkan untuk lusinan dijual Rp 20.000.

Untuk jenis surgical mask bermerk Sensi, 3 M, dan lainnya harga pun sudah bisa dibilang normal. Padahal 2 bulan lalu harga masker yang kini dianjurkan hanya untuk tenaga medis bisa sampai Rp 350.000 Rp 400.000 per boks. Kini bisa turun separuh harga jadi Rp 200.000. Bahkan untuk masker 3M sudah di harga normal sekitar Rp 8.500 untuk 3 lembar masker.


[Gambas:Video CNBC]




Artikel Selanjutnya

Pakai Masker Ternyata tak Efektif Tangkal Corona


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading