Orderan Sepi Saat Corona, Sejumlah Aksi Bantu Driver Ojol

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 March 2020 08:56
Wabah virus corona (COVID-19) yang meluas di berbagai daerah di Tanah Air membuat pendapatan pedagang kecil turun.

Jakarta, CNBC Indonesia - Wabah virus corona (COVID-19) yang meluas di berbagai daerah di Tanah Air membuat pendapatan pedagang kecil dan juga ojek online (ojol) turun drastis. Hal itu lantaran minimnya aktivitas masyarakat yang memicu penurunan orderan yang diterima driver ojol.

Sebagai rasa solidaritas, di tengah wabah corona ini, beberapa gerakan donasi pun diupayakan untuk saling menguatkan sekaligus menumbuhkan harapan. Para pesohor, perusahaan besar, hingga tiap individu pun memberi sumbangsih sesuai kemampuan.

CEO Landscape Indonesia, Agus Sari membuka donasi lewat kitabisa.com untuk menggalang dana khusus ditujukan untuk para driver ojol. Terhitung sejak 18 Maret 2020 sudah berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp 100 juta, padahal target ini awalnya diperkirakan akan terpenuhi dalam 1 bulan.


Salah satu penyaluran donasi ini adalah membagikan makanan gratis untuk para ojol dan dilakukan di beberapa titik, seperti Bintaro, Depok, Tangsel, Bekasi dan Kebayoran lama.

Aneka makanan siap santap ini dibagikan gratis untuk para driver ojol serta pekerja informal yang membutuhkan. Aksi bagi-bagi makanan gratis ini disambut positif oleh para driver ojol.

Bukan hanya mendapat makanan gratis, para driver ini juga bertugas mendistribusikan makanan untuk rekan sesama ojol yang lokasinya jauh dari pusat pembagian makanan.

Perusahaan ojek online juga melakukan hal sama. Grab memiliki fitur Menu Editor pada aplikasi mitra merchant pilihan GrabFood yang memungkinkan mereka untuk menambahkan sendiri menu khusus untuk para mitra pengemudi Grab.

Untuk menemukan menu-menu khusus untuk mitra pengantaran GrabFood, pelanggan dapat mengetikkan kata 'driver' pada kolom pencarian makanan dan restoran di laman GrabFood.


Selain Grab, Gojek pun mengumumkan peluncuran dana bantuan untuk mendukung mitra driver, merchant dan mitra lainnya yang pendapatannya terdampak akibat perlambatan ekonomi karena pandemi COVID-19.

Co-CEO dan jajaran manajemen senior Gojek akan mendonasikan 25 persen dari gaji tahunan mereka selama 12 bulan ke depan ke dana bantuan yang dikelola yayasan yang baru dibentuk Gojek. Ini untuk membantu para pengemudi yang mengalami kesulitan akibat lesunya perekonomian selama pandemi global ini.

Tidak hanya itu, waralaba restoran masakan padang Sederhana juga memberikan nasi gratis kepada driver ojol untuk setiap pemesanan. Hal ini ditulis dalam pengumuman yang diunggah ke akun Instagram @sederhana.satrio pada Minggu (29/3/2020).

"Untuk setiap pemesanan via aplikasi online GOJEK dan GRAB, kami akan memberikan 1 Nasi Bungkus kepada pengemudi. Pastikan untuk membuang bungkus kemasan, cuci tangan, dan panaskan kembali makanan untuk kesehatan dan keselamatan Anda," tulisnya.


[Gambas:Instagram]



[Gambas:Video CNBC]


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading